Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah

 Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah

Kitapastibisa.id – Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah – Dekoruma

Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah – Hidup selaras dengan alam bisa dimulai dan diimplementasikan dengan banyak cara. Pemahaman bahwa manusia dan segala makhluk hidup berbagi udara dan air yang sama merupakan sebuah dasar untuk memahami bahwa masing-masing kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga bumi ini.

Hal-hal tersebut salah satunya adalah dengan memulai bercocok tanam atau berkebun kecil-kecilan di rumah. Apalagi jika kita tinggal di daerah perkotaan yang cukup padat maka berkebun merupakan sebuah alternatif yang banyak memberikan manfaat. Selain bisa berkontribusi untuk membantu bumi menjadi lebih baik, memiliki berbagai tanaman juga bisa berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah dan membuat kondisi rumah menjadi lebih sejuk.

Baca Juga: Dicky Senda Pemuda Berkarya di Tanah Kelahiran

Manfaat merawat tanaman atau berkebun di rumah.

Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah
Kitapastibisa.id – Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah – rumah123
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kinerja otak

Saat berkebun kita akan merangsang seluruh indera dan terhubung dengan alam secara tidak langsung. Manfaatnya, kita bisa meredakan stress dan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

  1. Meningkatkan kesadaran untuk hidup yang lebih sehat

Kegiatan berkebun sendiri sebenarnya adalah sebuah tanda bahwa kita peduli dengan kesehatan kita sendiri. Berkebun umumnya dapat menghasilkan bahan makanan segar dan sehat. Bahan makanan ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk mengonsumsi makanan sehat hasil kebun sendiri. Perubahan pola makan ini secara umum baik untuk kesehatan fisik dan mental. Hal ini juga bisa melatih kesabaran dan kepuasan kita terhadap sesuatu, karena selama berkebun dan merawat tanaman, kita juga berlatih tentang kesabaran.

  1. Meningkatkan estetika dan keindahan rumah

Selain memberikan keteduhan tentu saja lingkungan yang memiliki banyak tanaman akan memberikan estetika tersendiri. Apalagi jika tanaman tertata dengan rapi dan baik. Tentu saja pemandangan ini akan sangat memanjakan mata penikmatnya. Dengan kegiatan bermanfaat seperti ini selain memperoleh manfaat kesehatan juga dapat mengasah kreativitas bersama dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga  Gerakan Menghidupkan Taman Baca di Denpasar

Artikel Terkait