Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan

 Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan

Kitapastibisa.id – Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan – BangsaOnline

Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan – Membuka peluang kerja bagi orang lain bukanlah hal yang mudah. Peluang kerja untuk umum ini pun terkesan sedikit. Bagaimana dengan kaum difabel?

Stigma dan pandangan soal kaum difabel belum sepenuhnya lepas. Peluang kerja untuk mereka pun masih langka. Pandangan yang melekat pada mereka adalah tidak mampu mengampu tugas dengan baik. Namun, pria asal Jawa Timur ini berhasil mematahkan hal tersebut.

Tak hanya membuktikan bahwa ia mampu mengerjakan pekerjaannya secara baik, ia juga mampu membuka peluang kerja. Baik peluang untuk umum maupun komunitas difabel.

Melaluinya, limbah benang menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis. Secara fisik, ia bukanlah orang seperti pada umumnya. Namun secara hati dan semangat, ia melebihi kapasitas manusia pada umumnya,.

Winarko dan istrinya merupakan pasangan difabel yang menggeluti usaha produksi sikat lantai. Meski sebagian orang menilai bahwa Winarko dan istrinya memiliki kekurangan, namun itu tidak menghentikan mereka. Terbukti, meski tidak memiliki sebelah kaki, mereka berhasil memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga  Ibnu Al-Nadim, Perumus Karya Bibliografi Islam Terbesar

“Keinginan untuk buka bisnis sendiri dan memberdayakan tetangga. Terutama itu untuk komunitas saya, yaitu difabel,” tutur Winarko, mengutip dari kompas.com (11/09/2020).

Baca Juga: Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir

Mengajak Warga Sekitar Untuk Bekerja Sama

Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan
Kitapastibisa.id – Winarko, Difabel Asal Jawa Timur yang Ciptakan Lapangan Pekerjaan – Radar

Pria asal Kediri, Jawa Timur, ini tidak hanya mendongkrak kehidupannya sendiri. Namun, ia juga mengajak warga untuk bekerja sama. Terutama kelompok difabel. Tujuannya, agar mereka dapat peluang kerja mendapatkan penghidupan yang layak.

Bisnis yang ia garap sejak 2008 ini telah menginspirasi dan membantu banyak orang. Bermodalkan uang 1 juta sisa dari pekerjaan sebelumnya, Winarko meramu bisnisnya sendiri. Mulanya, ia membeli alat produksi.

Keputusannya itu tepat. Kini, ia mampu memproduksi 200 hingga 300 sikat lantai dalam waktu satu minggu, Keuntungannya pun lumayan. Winarko menyebut ia mampu meraup omzet sebesar 500 hingga 700 ribu.

“Kalau omzetnya saya bisa dapat keuntungan 500 sampai 700 ribu,” ujarnya.

Tak berhenti di sana, Winarko berharap kedepannya ia mampu melebarkan sayap bisnisnya. Ia melihat peluang dalam olahan limbah kelapa. Winarko berencana mengolah limbah tersebut menjadi vas bunga yang memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga  Prayogo Pangestu Quddus, Pencetus Ramen Instan Ala Garut

Artikel Terkait