Welin Kusuma 32 Kali Menjadi Sarjana Karena Hobi

 Welin Kusuma 32 Kali Menjadi Sarjana Karena Hobi

kitapastibisa.id – Welin Kusuma 32 Kali Menjadi Sarjana Karena Hobi – Kumparan

Hobi kuliah berbuah 32 gelar akademik bagi Welin Kusuma. Pria berusia 38 tahun ini berdomisili di Surabaya, Jawa Timur. Deretan gelar yang diraihnya hasil dari menempuh pendidikan di sejumlah universitas, baik yang dibiayai beasiswa maupun biaya sendiri.

Seperti ini penulisan nama Welin jika diikuti berbagai gelar akademiknya: Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos., SH., S.Kom., SS., S.AP, S.Stat., S.Akt, S.IKom., S.IP, M.T., M.SM., M.Kn., RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV, CERA, CSA, ACPA. Gelar tersebut ia dapatkan karena mengambil kuliah di beberapa universitas sekaligus.

Welin pun sempat mendapatkan rekor MURI tahun 2012 sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak. Kala itu Welin masih berusia 31 tahun, dia meraih 8 gelar S1, 3 gelar S2, 7 gelar profesional, totalnya 18 gelar multidisiplin.

Baca Juga: Insinyur Sutami, Menteri Miskin Yang Membangun Indonesia

Kuliah Dijadikan Hobi Untuk Welin Kusuma

Berkuliah dari kampus ke kampus sejak 1999, Welin punya kiat supaya kuliah berulang kali. Dengan bidang studi berbeda-beda, tak pernah membosankan baginya.

Baca Juga  Ayu Larasati, Perupa Keramik Muda dari Indonesia

“Kuliah bagi saya adalah hobi, jadi bener-bener saya menikmati kuliah tersebut. Karena saya yakin dengan berkuliah itu, saya akan mendapatkan banyak pengetahuan-pengetahuan baru di mana pengetahuan itu akan beguna bagi kehidupan saya, baik sekarang maupun di kemudian hari,” ujar Welin.

Saat ditanya bagaimana caranya mengatur waktu, Welin mengaku pernah mengambil dua jurusan pada pagi dan siang, satu jurusan pada sore dan malam, satu jurusan di akhir pekan, dan satu jurusan di universitas terbuka tanpa kuliah tatap muka.

Belajar mulai pagi sampai 10 malam udah seperti makanan sehari-harinya. Bahkan itu belum termasuk waktu yang digunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas. mengingat upaya Welin untuk mengejar banyak gelar tersebut adalah dengan mengambil banyak SKS sekaligus. Ia juga berkuliah di kampus yang berbeda. Sehingga dalam waktu sekitar 13 tahun aja ia udah berhasil menyabet 19 gelar akademis yang berbeda.

Kesenangannya menempuh pendidikan ini mendapatkan dukungan dari kedua orangtuanya. Pembiayaan kuliah di berbagai tempat ini ada yang berasal dari beasiswa, ada pula yang dibiayai sendiri.

Baca Juga  Ilmuwan Asal Maluku Temukan Nitrico untuk Lawan Covid-19

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *