Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah

 Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah

Kitapastibisa.id – Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah – Tribun

Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah – Buah-buahan kaya akan nutrisi dan serat yang bermanfaat dalam melindungi kita dari berbagai macam masalah kesehatan. Tapi tahukah kamu, jika ada cara yang efektif dalam mengonsumsi buah-buahan sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Kebanyakan orang mengonsumsi buah pada waktu yang tidak tepat. Kebiasaan sebagian orang adalah mengonsumsi buah tepat setelah menghabiskan makanannya. Faktanya cara seperti ini sangat tidak direkomendasikan, sebab hanya akan menambah kalori. Apalagi jika buah yang dikonsumsi adalah buah yang memiliki kadar gula darah tinggi. Seperti Mangga, Anggur, Leci, Nanas, Delima, Semangka dan Pisang.

Baca Juga: Tips Diet Sehat Dengan Cara Alami

Waktu Terbaik Untuk Mengkonsumsi Buah

Pagi hari adalah waktu yang terbaik untuk mengonsumsi buah. Sebab kondisi perut yang sedang kosong akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. Sehingga tubuh kita akan dengan mudah mencerna buah tersebut ketika memakannya dalam keadaan perut kosong dan perut akan lebih mudah untuk memprosesnya.

Baca Juga  Hindari Stres Dengan Olahraga Malam Hari

Namun aturan ini mengonsumsi buah pada wakut perut masih kosong di pagi hari, agaknya kurang tepat bagi mereka yang memiliki  riwayat penyakit maag dan juga anak batita dan para lansia. Hal ini dikarenakan sebagian buah, seperti buah jeruk, nanas, cranberry, buah anggur dan sejenisnya, mengandung asam asetat yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan asam lambung dan bisa memperburuk kondisi mereka.

Buah-buahan juga dapat dijadikan sebagai camilan untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Sebab konsumsi buah pada waktu ini yang sangat baik bagi tubuh. Karena bisa membantu meningkatkan metabolisme dan bisa menjaga kada gula darah. Ketika mengkonsumsi camilan sehat di antara waktu makan, tubuh tidak akan menyimpan lemak ataupun merasa lapar. Konsumsilah buah seperti pepaya, markisa, nanas, plum, raspberry, pir, strawberry, persik dan apel diantara waktu makanmu.

Apabila kamu merasa lapar sebelum tidur, konsumsi buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa buat yang bisa dikonsumsi sebelum kamu pergi tidur adalah apel, pisang, kiwi, dan ceri. Buah-buahan tersebut mengandung serotonin, melatonin, dan tryptophan alami yang menenangkan kita dan membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebaliknya hidari buah-buahan seperti mangga dan anggur karena dapat membuat otak tetap aktif dan akan mengganggu tidur.

Baca Juga  Asal Budaya Makan Lalapan

Artikel Terkait