Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi

 Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi

Kitapastibisa.id – Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi – Talesinberween

Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi – Literasi merupakan sebuah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. Dalam bahasa Latin, istilah literasi disebut sebagai literatus, artinya adalah orang yang belajar.

Kata merupakan bagian dari literasi. Kata-kata seringkali dimaknai sebagai sebuah media, sebuah perpanjangan tangan, dan cara menyampaikan sebuah cerita, makna, dan rasa. Ia tak hanya susunan huruf yang berbunyi, tetapi juga sebuah bukti peradaban manusia. Deretan kata ini yang kemudian membentuk kalimat yang mengisi sastra, cerita, dan menjelma menjadi kitab dan buku-buku luar biasa.

Minat baca sendiri masih tergolong rendah di Indonesia, padahal pendokumentasian dan kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam tulisan bisa menjadi tonggak sebuah kemajuan daerah atau bangs aitu sendiri. Namun, dalam banyak kesempatan, Indonesia masih selalu kalah dalam meningkatkan budaya literasinya secara umum.

Baca Juga  Memajukan Budaya Literasi Melalui Gerakan Buku Indie

Baca Juga: Bisakah Kita Belajar dari Kesuksesan Netflix?

Perpustakaan Komunitas yang diberi nama KataKerja

Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi
Kitapastibisa.id – Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi – identitas unhas

Hal ini lah yang menjadi temuan Aan Mansyur dan teman-temannya ketika mengadakan penelitian tentang minat baca di kalangan mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin (Unhas). Ini juga lah yang menjadi sebuah mula bagi Aan dan teman-temannya, membangun perpustakaan komunitas tahun 2014. Perpustakaan yang berlokasi di BTN Wesabbe Tamalanrea ini diberi nama KataKerja.

KataKerja kemudian tumbuh menjadi sebuah wadah bagi masyarakat Kota Makassar dalam mengembangkan ide, inovasi serta kreatifitas dalam berkarya dan berkreasi. Tidak hanya itu, KataKerja juga menjadi jembatan antar komunitas di Kota Makassar, baik komunitas sosial, seni dan lain lain.

Dijelaskan juga oleh pustakawan bahwa KataKerja merupakan bagian dari Komunitas Ininnawa yang sudah lebih dulu berkembang. Sebagai bagian dari komunitas tersebut, KataKerja berfokus pada peningkatan literasi khususnya di Makassar. Sebuah bentuk kontribusi dan usaha dalam membangun budaya literasi dengan menyediakan wadahnya terlebih dahulu.

Baca Juga  Perempuan di Balik Nama Mobil Mercedez

Aan telah gemar membaca sejak ia duduk di bangku sekolah. Bahkan setelah ia menyelesaikan Sekolah menengahnya, ia tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi. Melainkan mengisi waktunya selama satu tahun  untuk membaca dan mendaftarkan dirinya ke berbagai perpustakaan daerah.

Artikel Terkait