Triathlon, Menguji Batas Ketahanan dan Kekuatan Tubuh

 Triathlon, Menguji Batas Ketahanan dan Kekuatan Tubuh

Kitapastibisa.id – Triathlon, Menguji Batas Ketahanan dan Kekuatan Tubuh – Seaviewressort

Triathlon adalah perlombaan tiga cabang olahraga yang dilakukan secara urut dan tanpa jeda. Tiga cabang olahraga itu adalah berenang, dilanjutkan dengan bersepeda, dan diakhiri perlombaan berlari. Triathlon sendiri berasal dari bahasa Yunani treis berarti tiga dan athlos yang berarti kompetisi.

Perlombaan ini berfokus daya tahan dan kekuatan tubuh manusia. Perlombaan ini dimulai dari berenang dengan jarak tertentu di perairan seperti sungai atau danau. Perlombaan kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sesuai rute dan jarak yang telah ditentukan. Sesi terakhir ditutup dengan perlombaan lari berjarak menengah. Penilaian akhir ini didasarkan pada perolehan waktu tempuh masing-masing atlet pada tiap sesi. Peralihan dari sesi awal ke sesi berikutnya juga masuk dalam penghitungan total diakhir kompetisi. Peralihan ini biasanya ditempatkan dalam satu area khusus yang disediakan oleh penyelenggara.

Kehadiran area transisi sangat diperlukan untuk meletakkan segala peralatan yang dibutuhkan untuk sesi berikutnya. Sebagai contoh, atlet yang sudah menyelesaikan sesi berenang langsung menuju area transisi untuk memakai sepatu, helm pengaman, dan sepeda. Setelah menyelesaikan sesi bersepeda, atlet harus meletakkan sepeda di tempat yang dipersiapkan dan mencopot helm di area transisi berikutnya. Durasi waktu tiap transisi ini akan ditambahkan dalam total waktu masing-masing atlet selesaikan triathlon.

Baca Juga  Manfaat Lendir Siput Untuk Kulit

Baca Juga: Antigravity Yoga, Olahraga Menantang Gravitasi

Sejarah Olahraga Triathlon

Diawali pada awal abad ke 20 di mana awalnya terdiri dari lomba lari, bersepeda, dan kano. Sejarawan Scott Tinley seperti dikutip dari laman ESPN.com mengatakan bahwa dulu triathlon memiliki nama yang berbeda. Pada tahun 1901 in Joinville-le-Pont, Perancis digelar trilomba “Les Trois Sports” yang berarti tiga olahraga. Trilomba itu kemudian distandarisasi sekaligus mengganti olahraga kano dengan berenang.

Perlombaan triathlon modern pertama kali digelar pada tahun 1974 di San Diego, California. Antusias tinggi warga terhadap triathlon semakin meluas di berbagai belahan dunia. Sehingga pada tahun 1989, ITU (International Triathlon Union) mengadakan kejuaraan World Championship di Avignon, Perancis. Perlombaan ini terdiri dari berenang adalah 1500m, 40 km bersepeda, dan 10 km berlari. Masing-masing jarak ini diambil dari jarak tempuh yang ada dalam kejuaraan Olimpiade.

Triathlon mulai masuk dalam Olimpiade pada tahun 2000 di Sydney, Australia. Masuknya triathlon sangat membantu mempopulerkan perlombaan ini lebih meluas. Hingga sekarang tercatat ada lebih dari 120 yang menaungi perlombaannya.

Baca Juga  Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *