Tom Yam, Kuliner Iconik Asal Thailand

 Tom Yam, Kuliner Iconik Asal Thailand

Kitapastibisa.id – Tom Yam,  Kuliner Iconik Asal Thailand – Detik

Tom Yam,  Kuliner Iconik Asal Thailand – Siapa tidak kenal dengan ​makanan bercita rasa pedas, asam dan segar yang satu ini​​. Makanan ini adalah Tom Yam ​dari Thailand. Makanan khas negeri gajah putih ini, diracik dari ​beragam bahan dan bumbu yang memberikan ciri khas tersendiri pada sajian yang populer ini​. Kesegaran dari Tom Yam berasal dari kaldunya yang memang terbuat bahan-bahan segar seperti serai, daun dan air jeruk, lengkuas, kecap ikan dan bubuk cabai.

Di Thailand sendiri terdapat berbagai jenis tom yam, mulai dari yang menggunakan udang, ayam, jamur dan ikan. Sampai berbagai jenis olahan laut pun bisa dicampur kedalam Tom Yam. Untuk kuahnya sendiri  ada tiga jenis kuah yaitu dengan menggunakan santan, tanpa santan atau kuah bening dan kuah menggunakan krim susu kental. Yang mana keduanya memiliki paduan rasa asam, gurih, pedas dan sedikit manis dengan perbedaan tingkat keasaman dan kepedasannya.

Tom yum banyak disajikan di berbagai negara di asia tenggara seperti Kamboja, Brunei, Malaysia dan Singapura. Bahkan di Bangkok, hampir setiap restoran menyajikan makanan ini dengan harga yang relatif terjangkau. Mereka menyediakan lebih dari berbagai varian Tom Yum yang bisa dinikmati.

Baca Juga  Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

Baca Juga: Perempuan Indonesia Bangga Memakai Kebaya Indonesia

Sejarah dibalik Tom Yam

Kata “tom yam” berasal dari bahasa Thai yaitu ‘tom’ dan ‘yam’. Kata “Tom” berarti panas atau mendidih, dan “Yum” berarti pedas dan asam. Makanan ini diyakini berasal dari Thailand Tengah, tepatnya didaerah Sungai Chao Phraya yang merupakan penghasil udang segar. Makan ini menjadi populer di Thailand karena cara pembuatannya yang sederhana serta rasanya yang unik. Selain itu, mayoritas wilayah Thailand yang memiliki banyak wilayah pesisir juga menjadi faktor pendukung populernya makanan ini.

Tom Yum menjadi semakin digemari pada tahun 1997. Saat itu terjadi krisis finansial disejumlah negara di Asia. Diketahui terdapat cerita bahwa banyak orang yang menjuluki krisis tersebut sebagai Tom Yum Goong Crisis karena krisis finansial itu bermula dari Thailand.

Sesuai dengan perkembangan zaman, saat ini sudah tersedia banyak pilihan bumbu Tom Yam dalam  kemasan kaleng dan botol, yang dapat diperoleh pada berbagai pusat perbelanjaan. Bumbu instan ini menjadikan para penikmatnya tidak perlu repot-repot memasak, ke restoran atau bahkan jauh-jauh terbang ke Thailand untuk menyantapnya.

Baca Juga  Menikmati Minuman Ala Cafe di Rumah

Sup bercitarasa asam, gurih, pedas dan menyegarkan ini memang menjadi primadona masakan khas Thailand. Tak hanya digemari oleh masyarakat Thailand saja, bahkan sudah mulai mendunia. Racikan bumbu dan rempah seperti cabai kering, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan air perasan jeruk memunculkan cita rasa gurih, asam dan segar. Ragam rasa inilah yang membuatnya menjadi primadona kuliner yang populer di Thailand.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *