Toko Es Cream Dari Zaman Belanda

 Toko Es Cream Dari Zaman Belanda

kitapastibisa.id – Toko Es Cream Dari Zaman Belanda

Es Cream dan Sejarahnya – Siapa yang tidak kenal dengan makanan beku yang nikmat satu ini ?, dari kalangan muda sampai dengan kalangan tua pasti suka. Makanan mewah yang hanya dihidangkan pada saat acara acara yang spesial saja, seperti dahulu membuat es krim adalah hal yang sangat merepotkan.

Untuk membuat es krim, dahulunya hanya di dapatkan dari danau atau dari kolam yang membeku pada saat musim dingin. Kemudian potongan es disimpan dalam tumpukan jerami di lubang dalam tanah. Atau bisa juga simpan di tempat penyimpanan es yang terbuat dari kayu dan juga di beri jerami, es di simpan untuk kemudian dipakai untuk bahan pembuatan es krim.

Awal Mula Es Cream Di Indonesia

Dahulu di Indonesia es krim hanya dapat dinikmati di kota besar seperti jakarta, bogor, bandung, malang dan surabaya. Saat itu es krim merupakan barang yang mewah dan juga mahal, kebanyakan orang belanda saja yang menikmatinya.

Pada masa penjajahan Belanda, masyarakat tidak bisa membuat es krim seperti resep aslinya. Hal ini disebabkan karena mahalnya harga susu serta keterbatasan akses masyarakat pada susu. Dari situlah masyarakat meracik menu es cream sendiri dengan bahan baku santan sebagai pengganti susu. Es itu kemudian dikenal sebagai es puter atau es dung-dung.

Baca Juga  Mie Lethek Khas Bantul yang Masih Eksis Hingga Kini

Dari Zaman kolonial Belanda sampai sekarang masih berdiri beberapa kedai es cream legendaris. Salah satunya Ragusa Es Italia adalah restoran es cream yang berdiri sejak tahun 1932 di Batavia. Tempat yang terkenal dengan Spaghetti Ice Cream-nya sejak tahun 1982 ini berlokasi di Jalan Veteran I No. 10, Kota Jakarta Pusat.

Buat kamu yang tinggal di Surabaya dan menyukai es cream, pasti sudah gak asing lagi dengan restoran yang satu ini. Zangrandi adalah restoran es cream yang sudah eksis sejak tahun 1930 silam hingga sekarang. Konon, tempat ini dulu adalah favorit para tuan dan noni Belanda.

Malang juga punya Toko Oen sebagai restoran es krim populer. Dibangun pada tahun 1930-an, masih berdiri hingga sekarang dan menjadi salah satu destinasi wajib kunjung di Malang. Toko Oen menjadi tempat favorit para bangsawan Belanda untuk bersantai dan menikmati hidangan kuliner, khususnya es cream yang disajikan di tempat tersebut.

Restoran ini didirikan oleh seorang Tionghoa keturunan Belanda, bernama Liem Goe Nio yang dirintis sejak tahun 1910-an. Pertama kali dibuka di Yogyakarta pada tahun 1922. Sayangnya, dikarenakan suatu sebab, Toko Oen yang ada di Yogyakarta harus tutup dan dipindahkan ke Semarang.

Baca Juga  Resep Membuat Tteokbokki Anti Gagal

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *