Tips Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah

 Tips Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah

Kitapastibisa.id – Tips Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah- MalKelapaGading

Tips Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah – Suhu udara yang panas membuat hunian pun ikut menjadi panas. Sehingga membuat para penghuninya menjadi tidak nyaman. Kadang kala kita mengatasinya dengan menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap udara seperti kaos katun hingga meminum air dingin atau mengonsumsi es krim favorit.

Namun bagaimana jika kondisi udara yang panas masih belum berkurang. Kondisi seperti ini harus perlu diatasi agar Anda dan keluarga tetap bisa berkegiatan dari dalam rumah tanpa rasa panas yang menggangu. Berikut beberapa cara mudah membuat rumah tetap terasa sejuk, walaupun kondisi di luar sedang panas-panasnya.

Baca Juga: Menjaga Ruang Kerja Di Rumah Rapi Dan Bersih

Tips Dan Langkah Untuk  Menjaga Kesejukan Rumah

1. Tutup Jendela Saat Udara Mulai Panas

Membuka jendela saat pagi hari memang dianjurkan agar sirkulasi udara dalam rumah menjadi dan terhindar dari kelembapan. Namun saat konsisi udara mulai berangsur-angsur panas, maka segeralah untuk menutup jendela. Sebab suhu panas akan masuk melalui jendela. Anda bisa menyiasatinya dengan memasang gorden sebagai penutup jendela, agar udara panas dalam rumah bisa menurun. Gunakan gorden yang dapat menghalangi panas serta sinar matahari masuk secara langsung guna mengurangi suhu panas pada udara.

Baca Juga  Agung Ridwan, Disleksia Yang Meningkatkan Literasi

2. Nyalakan Exhaust Fan

Exhaust fan berfungsi untuk mengeluarkan udara asap panas, uap panas atapun bau tidak sedap yang ada dalam ruangan. Oleh karena itu, exhaust fan dinilai cukup efektif untuk mengeluarkan suhu panas dari dalam rumah, sehingga suhu dalam rumah menjadi  tetap sejuk.

3. Putar Kipas Angin Searah Jarum Jam

Kipas angin yang diletakkan di langit-langit ruangan kerap jadi senjata untuk membuat hunian tetap sejuk. Agar fungsinya makin maksimal untuk melawan udara panas di rumah, posisikan ulang kipas angin supaya bisa berputar searah jarum jam. Agar udara yang sejuk dapat hadir di seluruh ruangan.

4. Nyalakan Kipas Angin Pada Malam Hari

Manfaatkan situasi malam hari yang terasa lebih sejuk dengan membawa udara dingin sebanyak-banyaknya ke dalam rumah. Buka jendela yang ada pada satu ruangan semalaman, kemudian taruh kipas angin dengan menghadap ke luar jendela. Ketika udara dingin masuk ke dalam hunian melalui ruangan pertama, kipas angin di ruangan lain membantu mengeluarkan udara panas yang saat itu masih ada dalam rumah. Hasilnya, hunian lebih terasa sejuk keesokkan harinya.

Baca Juga  Bagaimana Hukum Salat Berjamaah Saat Normal Baru?

Artikel Terkait