Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

 Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Kitapastibisa.id – Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh – Kontan

Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh – Aneka makanan enak seperti opor ayam, rendang, gulai, semur daging memang sangat mengugah selera. Namun perlu diketahui, di balik makanan-makanan enak itu ada lemak dan kolesterol yang mengancam kesehatan.

Makanan berdaging merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi bisa menjadi satu ancaman terbesar bagi kesehatan tubuh. Maka sudah sepatutnya untuk kita selalu menjaga kadar kolestrol tubuh, dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 10-15 menit, dilanjutkan dengan jogging dan olahraga lain yang disukai. Lakukan secara rutin dan tentunya jaga pola makan. Niscaya akan terbebas dari penyakit kolesterol.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari makanan berlemak atau yang mengandung minyak. Sayur dan buah merupakan sumber makanan yang tinggi serat. Dengan mengonsumsi asupan sehat tersebut dalam jumlah yang cukup, sejumlah besar serat larut akan masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Kisah Seorang Saleh yang Gemar Beli Miras

Baca Juga  Kenapa Kaum Milenial Suka Rebahan?

Beberapa Jenis Jus Penurun Kolesterol

Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh
Kitapastibisa.id – Tips Sehat Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh – Pikiranrakyat

Resep jus penurun kolesterol yang pertama adalah jus dengan cmpuran buah apel, wortel, dan daun seledri. Jus buah dan sayur diyakini dapat menurunkan kolesterol karena banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur tersebut.

Resep jus selanjutnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah campuran buah apel, lemon, paprika, dan seledri. Campurkan buah dan sayur dalam jus seperti lemon dan paprika.

Ternyata bawang putih punya beragam manfaat jika dihaluskan bersama sayuran. Salah satunya dengan kubis. Keduanya menawarkan khasiat yang sama, yaitu sama-sama ampuh bersihkan kotoran dalam tubuh. Jus ini juga bisa mengurangi kolesterol jahat serta lemak berlebih.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi jus mentimun setiap hari demi mendapatkan antioksidan flavonoid yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal berjudul American Journal of Cardiology, memuat fakta bahwa 12 orang yang rutin minum jus jambu biji dalam waktu 12 hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 9,9 persen. Bahkan, kadar kolesterol baik justru bisa meningkat hingga 8 persen.

Baca Juga  Tips Cara Merawat Rambut Rusak

Sebenarnya, untuk menurunkan kolesterol kita harus benar-benar mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Bahkan, sebagian orang sampai harus mengonsumsi obat penurun kolesterol. Hanya saja, kita juga bisa membantu proses penurunan kolesterol ini dengan mengonsumsi beberapa jenis jus yang sehat dan menyegarkan.

Artikel Terkait