Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering

 Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering

Kitapastibisa.id – Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering – Detik

Kulit kering merupakan masalah yang bisa sangat mengganggu penderitanya. Tak heran, jika permasalahan ini membutuhkan perhatian khusus untuk perawatan kulitnya. Tahap-tahap perawatannya memang lebih banyak dibanding kulit dengan kondisi normal. Masalah kulit kering bisa terjadi secara alami karena lambatnya kelenjar sebasea dalam memproduksi minyak alami kulit. Menjaga kulit tetap lembap merupakan hal yang penting dalam mengatasi permasalahan kulit ini.

Cara mengatasi kulit kering dengan ramah dan mudah dilakukan:

Baca Juga: Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

  1. Kurangi mandi menggunakan air panas

Suhu air yang terlalu tinggi dapat membuat kulit menjadi lebih kering, apalagi jika kita mandi dalam waktu yang lama. Sebab air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit yang menjaga kelembapannya sehingga bisa membuat kulit menjadi kurang terhidrasi. Mandi berlama-lama juga membuat kulit menjadi semakin kering karena air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap. Jagalah waktu mandi Anda kurang lebih sekitar 10 menit. Sesuaikan suhu menjadi cukup hangat agar tidak merusak kulit dan hindari mencuci muka di bawah shower dengan suhu lebih dari hangat.

  1. Menggunakan Moisturizer

Penggunaan moisturizer juga tidak boleh dilupakan. Pelembab dalam moisturizer tersebut akan menutrisi kulit sehingga terasa lebih lembap dan sehat. Agar kulit terawat dengan baik, sebaiknya gunakan  pelembap ringan dengan kandungan SPF untuk siang hari dan pelembap yang lebih banyak kandungannya untuk malam hari. Pastikan produk yang digunakan tidak mengandung pewangi yang dapat memicu iritasi.

  1. Hindari Eksfoliasi pada kulit

Sebaiknya jangan melalui proses eksfoliasi yang berlebihan karena justru dapat membuat kulit iritasi. Lakukan eksfoliasi pada kulit sebanyak 1-2 kali saja dalam seminggu dan hindari produk yang mengandung beads hingga grains yang akan menggesek kulit lebih intens. Bisa diganti menggunakan peeling gel yang enggak mengandung butiran scrub sama sekali dan digosok perlahan untuk eksfoliasi fisik. Bagi kulit yang kering akibat eksfoliasi, anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada kulit yang terasa kering. Petroleum jelly yang mengandung minyak mineral dapat menutup kulit dengan lapisan pelindung yang menjaga kelembapan di bawahnya sehingga bisa membantu mengatasi kulit kering dan teriritasi.

  1. Menggunakan minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan jumlah lemak pada permukaan kulit. Minyak kelapa juga mengandung asam lemak jenuh bersifat emolien, yang bertindak sebagai pelembap dan membuat kulit halus. Mengoleskan madu juga dapat membantu melembapkan, menyembuhkan, dan antiperadangan bagi kulit. Manfaat ini membuat madu bisa langsung pada kulit.

  1. Kurangi penggunaan Makeup berlebih dan Produk dengan kadar Alkohol

Kurangi pemakaian makeup dengan hasil matte, setidaknya gunakan produk-produk kecantikan dengan bahan yang ringan dan nyaman. Yang harus diperhatikan lainnya adalah kadar alkohol dalam produk perawatan kulit, sebab Alkohol yang terlalu banyak justru dapat membuat kulit semakin kering, bahkan iritasi. Cobalah untuk memilih produk kecantikan yang bebas alkohol dan melakukan patch test setiap sebelum penggunaan.

Baca Juga  Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *