Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Menjelang Lebaran

 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Menjelang Lebaran

kitapastibisa.id – Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Jelang Lebaran

Tips Menjaga Tubuh – Menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran, tubuh harus selalu sehat agar momen spesial ini bisa dilewatkan dengan baik dan jangan biarkan penyakit merusak suasana perayaan hari kemenangan tersebut.

Inilah Tips Menjaga Tubuh

Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menyehatkan tubuh, sehingga momen lebaran Anda tidak akan terganggu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai cara agar tubuh tetap sehat menjelang lebaran.

1. Pola Makan Sehat

Menu makanan sehat yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka tidak boleh dilupakan walau Ramadan akan berakhir. Sebab, makanan bergizi akan menjadi sumber energi selama berpuasa.

Disarankan sayur-sayuran, buah, dan biji-bijian utuh seperti oat dan nasi merah tersedia di menu sahur. Tak hanya sahur, saat makan malam juga harus memilih makanan yang sehat.

Walau berpuasa, tetap batasilah makanan tinggi lemak dan gula. Pastikan Anda selalu konsumsi hidangan sehat dan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat, dan protein. Banyak menu sederhana yang bisa dipilih seperti nasi, bayam, serta ikan.

Baca Juga  Posisi Tidur, Menentukan Kepribadian Seseorang

2. Hindari Makanan Tinggi Gula

Menjelang lebaran, banyak hidangan makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti aneka kue kering, minuman manis, dan lain sebagainya. Meski tak dilarang, sebaiknya perhatikan jumlah gula yang dikonsumsi.
Gula memang dibutuhkan tubuh, namun jika berlebihan bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit inilah yang pastinya bisa membahayakan kesehatan.

Menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda harus mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Penuhi Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan dehidrasi yang bisa menjadi pemicu lemas, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi. Jadi Anda harus memastikan cairan tubuh tercukupi agar selalu terhidrasi.

Penuhilah cairan tubuh dengan minum air putih bukan minuman berasa. Disarankan minumlah air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya.

4. Tetap Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk membuat tubuh tetap segar dan sehat. Tak perlu pergi ke gym karena banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Baca Juga  Dituding Jalani Suntik Putih, Kesha Ratuliu Berikan Penjelasan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *