Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat

 Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat

Kitapastibisa.id – Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat – Blibli

Gadget mungkin telah menjadi salah satu kebutuhan dasar kita di era digital saat ini. Bagaimana tidak, hampir di setiap aspek kehidupan kita bisa difasilitasi dan dimudahkan dengan kehadiran gadget. Contohnya smartphone. Penggunaannya tak lagi dibatasi oleh usia, anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia juga saat ini memiliki smartphone untuk melakukan segala kegiatan baik transaksional maupun tidak. Apalagi selama masa pandemi ini, semua kegiatan dan kelas offline dialihkan menjadi online, yang artinya sangat membutuhkan dan bergantung pada gadget.

Berikut kiat-kiat menjaga gadget agar awet dan tetap dalam kondisi baik walau digunakan secara terus menerus.

Baca Juga: Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering

  1. Melakukan pengisian daya ketika telah habis

Untuk jenis gadget yang pasti selalu kita gunakan, agar awet kita tidak boleh  membiarkan baterai smartphone habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena aus. Walaupun kita bisa mengisi baterai dengan menggunakan laptop, namun hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan dengan intensitas yang cukup sering lho.

Baca Juga  Gal Gadot Tuai Kritik karena Perannya Sebagai Cleopatra

Satu lagi, kita sangat sering meninggalkan gadget untuk diisi baterai semalaman. Padahal rata-rata smartphone dan gadget lainnya telah dibekali teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti saat baterai penuh. Tapi bukan berarti ini 100% aman bagi baterai. Akan lebih baik jika kita mencabut baterai saat indikator pengisian telah mencapai 90%, tidak harus menunggu 100%.

  1. Gunakan perangkat asli untuk mengisi daya

Seringkali kita merasa menggunakan perangkat pendukung  lain seperti charger untuk gadget kita, padahal seriesnya mungkin saja berbeda. Dan bukan perangkat aslinya lho. Pun, di pasaran alat-alat seperti ini sangat mudah untuk didapatkan. Banyak sekali  beredar adapter charger yang dibekali kemampuan fast charging. Namun perlu diketahui isi ulang baterai dengan charger palsu atau bukan bawaan itu berbahaya. Pastikan untuk hanya menggunakan charger yang bukan bawaan jika dalam keadaan darurat saja.

  1. Hindari Memangku Laptop Saat Digunakan

Selain smartphone, laptop juga kita untuk menonton film. Tidak jarang bahkan sambil bersandar di kasur. Kadang juga sangat nyaman jika  kita memangku laptop atau menyimpannya di atas bantal. Tapi ini akan membuat sirkulasi panas terganggu, sehingga memicu overheat. Maka dari itu sebaiknya simpan laptop saat digunakan di tempat datar (meja) atau di atas alat khusus yang dilengkapi kipas pendingin. Kebiasaan seperti ini akan berdampak pada kesehatan gadget kita.

Baca Juga  Tips Memilih Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *