Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat

 Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat

Kitapastibisa.id – Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat – Info Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat –¬†Kesehatan tulang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan bagian tubuh yang lain. Menjaga kesehatan tulang sejak dini juga merupakan sebuah anjuran agar kita tetap memiliki tulang yang sehat dan kuat hingga tua. Seiring bertambahnya usia, maka kondisi kepadatan tulang juga akan berkurang, sebab itulah pentingnya kita menjaga kesehatan tulang sedari dini serta meminimalisir risiko terkena osteoporosis.

Baca Juga: Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat
Kitapastibisa.id – Tips Menjaga Kesehatan Tulang agar Tetap Kuat – Klik Dokter
  1. Mengonsumsi Kalsium

Tulang membutuhkan sangat banyak kalsium agar tetap terjaga dan kuat. Kalsium adalah mineral paling penting dan paling banyak dalam tulang. Pasalnya, mineral yang satu ini berfungsi untuk menggantikan sel-sel tulang yang tua dan rusak dengan sel-sel tulang yang baru. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan kalsium untuk orang dewasa adalah sekitar 1.000 sampai 1.100 miligram per hari. Makanan yang mengandung kalsium dapat dipenuhi dari beberapa jenis makanan berikut misalnya susu, keju, telur, brokoli dan juga ayam.

  1. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Sayuran mengandung berbagai macam nutrisi dan kalsium. Sayuran dengan berbagai macam warna juga mengandung jenis nutrisi dan kandungan yang beragam dan baik untuk tubuh. Khusus untuk sayuran berwarna hijau dan kuning dapat membantu meningkatkan mineralisasi tulang pada anak-anak dan memelihara massa tulang pada orang dewasa. Tidak hanya itu, sayuran mengandung vitamin C yang dapat merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang. Bahkan, antioksidan pada vitamin C juga dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan.

  1. Olahraga fisik

Olahraga yang sangat baik bagi tulang ialah yang berfokus pada kekuatan dan latihan fisik. Salah satu yang baik yaitu latihan menahan beban. olahraga jenis ini dapat mendorong pembentukan tulang yang baru dan mencegah pengeroposan tulang. Menurut sebuah studi pada pria dan wanita yang memasuki usia tua, latihan menahan beban dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi peradangan tulang. Jenis latihan ini dapat membantu melindungi tulang dari pengeroposan, termasuk pada penderita osteoporosis, osteopenia, dan kanker payudara.

  1. Cukupi Kebutuhan Protein

Tulang kita 50% nya juga terdiri dari protein, asupan protein yang rendah dapat mengurangi penyerapan kalsium pada tulang. Akibatnya, proses pembentukan tulang terhambat dan tulang jadi mudah rapuh. Maka itu, penuhi kebutuhan protein harian Anda dengan makan makanan sumber protein yang baik seperti ikan, daging, telur, keju, susu, dan sebagainya. Diet tinggi kalori dan protein juga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan massa tulang

Baca Juga  Mengatasi Burn Out saat WFH

Artikel Terkait