Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik

 Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik

Kitapastibisa.id – Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik – andysusanto.captures

Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik – Sejak 10 tahun terakhir, kemajuan era digital semakin meluaskan pengguna kamera. Bahkan, kamera profesional sudah sangat sering dijumpai oleh berbagai kalangan termasuk mahasiswa, dan semakin banyaknya kursus atau pelatihan untuk penggunaan kamera. Jika kamu juga salah satu pengguna aktif kamera, maka simak beberapa tips berikut untuk menjaga kameramu!

Baca Juga: Tips Menemukan Pola Sarapan yang Baik Bagi Tubuh

Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik
Kitapastibisa.id – Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik – Beres
  1. Menggunakan pelindung atau tas kamera

Biasanya setiap kamera akan dilengkapi dengan beberapa pelindung untuk tetap menjaga kamera tersebut dalam kondisi baik. Apalagi jika kita sering membawa kamera tersebut untuk bepergian atau terlibat dalam kegiatan diluar ruangan. Tidak heran, jika sangat banyak orang yang kemudian memanfaatkan tas pelindung kamera, agar tetap aman selama perjalanan. Beberapa orang juga  berpikiran memasukkan kamera ke dalam tas dapat merusak kamera itu sendiri dan mereka lebih memilih untuk menentengnya. Pandangan itu tidak salah jika tas yang digunakan juga tidak berkualitas baik dan aman atau bahkan anti air. Pilihlah tas yang sekiranya mampu menjaga kamera. Menggunakan tas kamera, juga berfungsi agar kamu tidak terlalu mencolok dan mengurangi risiko kameramu dicuri.

  1. Memastikan Kamera dalam kondisi off ketika melepas bagian dalamnya

Merawat kamera juga memerlukan perhatian khusus, kita pasti dan sebaiknya memang meluangkan waktu untuk bisa menjaga kondisi kamera tersebut agar tetap bersih dan beroperasi dengan baik. Biasanya, kita akan membongkar satu persatu dan membersihkan bagian dalam kamera. Misalnya, ketika kita membersihkan lensa dan LCD ataupun mengeluarkan baterai, kita harus mematikan terlebih dahulu kamera tersebut. Menyalakan kamera akan memberikan risiko lebih besar untuk menyebabkan data korup untuk memory card  serta bisa menyebabkan debu masuk ke dalam sensor. Mematikan kamera juga akan menjadikan baterai  lebih menghemat.

  1. Menggunakan filter lensa

Filter lensa memang tampak kecil dan tidak penting memang, tetapi dengan  menggunakannya, itu mampu untuk melindungi dan merawat kameramu lho. Untuk kasus terburuk seperti kameramu terjatuh, filter itu akan menjadi yang pertama untuk terluka. Selain itu filter juga melindungi lensa dari UV.  Banyak plilihan untuk filter seperti polarizing filter, neutral density filter, dan color filter.

  1. Menggunakan Shoulder Strap Saat Mengambil Foto/Gambar

Hal detail berikutnya yang bisa menjaga kamermu adalah dengan menggunakan Shoulder Strap. Hal sederhana yang satu ini juga bagian dari merawat kamera. Kita harus menggunakan shoulder strap saat sedang membidik gambar di mana pun berada. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Anda sedang mengambil foto. Shoulder strap menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman Anda. Harga shoulder strap ini murah, tapi mampu melindungi kamera Anda secara optimal.

  1. Menyimpan Kamera dan Peralatannya di Dry Box

Setelah selesai di gunakan dan dibersihkan, baiknya kamera dan segala peralatannya disimpan di dalam Dry Box. Hal ini tentu saja untuk menghindari agar peralatan kamera tidak jamuran dan bisa tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga  Hukum Berburuk Sangka Kepada Allah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *