Tips Mengatasi Jerawat Akibat Menggunakan Masker

 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Menggunakan Masker

Kitapastibisa.id – Tips Mengatasi Jerawat Akibat Menggunakan Masker – Rumah123

Tips Mengatasi Jerawat Akibat Menggunakan Masker – Masker merupakan benda yang wajib dikenakan masyarakat di Indonesia dalam masa normal baru. Sebagai protokol kesehatan yang diwajibkan, masker harus dikenakan setiap saat, bahkan saat di ruangan sekalipun. Namun, penggunaan masker terlalu sering justru menimbulkan masalah. Salah satunya jerawat.

Hal ini normal. Dilansir dari Verywell Health, wajah rentan iritasi lantaran penggunaan masker terlalu sering. Ini disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara ke area wajah. Selain itu, masker juga menjerat mikroorganisme atau bakteri di wajah. Setelah mereka terjebak dalam masker, kondisi lembab dalam masker membuat kondisi semakin parah.

Tak ayal, penggunaan masker terlalu sering menyebabkan jerawat merajalela. dermatologis asal New York, Amerika Serikat, dr. Ellen Marmur, mengatakan hal demikian. Menurutnya, pori-pori wajah yang tersumbat oleh masker dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, bahan masker juga mempengaruhi perkembangan jerawat di wajah.

“Beberapa masker menyebabkan iritasi karena teksturnya yang kasar. Sedangkan masker berbahan lembut, dapat menahan bakteri namun menyebabkan kulit kering. Sementara masker yang dapat dicuci berkali-kali, dapat meninggalkan residu dari deterjen dan menyebabkan jerawat,” kata dr. Ellen seperti dikutip Bustle. Begitu banyak sebab jerawat muncul di wajah lantaran penggunakan masker.

Baca Juga  Tips Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Baca Juga: Menjaga Lemari Pakaian Tetap Rapi

Tips mengatasi jerawat akibat penggunaan masker.

1. Gunakan masker kain yang tepat

Gunakan masker kain berbahan katun. Masker berbahan kain katun dapat menyerap keringat lebih mudah dari bahan kain lainnya. Hindari menggunakan kain yang kasar, mudah lembab dan susah menyerap keringat. Hal ini rentan menyebabkan jerawat. Kenalilah jenis kain pada masker. Kain berbahan lembut akan menyebabkan kulit kering, sedangkan yang berbahan kasar menyebabkan iritasi. Sesuaikan bahan masker dengan kenyamanan diri.

2. Rajin membersihkan wajah

Sebelumnya dijelaskan bahwa banyak bakteri dan mikroorganisme yang terjebak dalam wajah saat menggunakan masker. Oleh karena itu, rajinlah mencuci wajah. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kebersihan wajah Anda serta menjaga kelembaban kulit wajah.

3. Cuci dan ruti ganti masker

Siapkanlah masker cadangan untuk diganti. Alasannya, masker kain perlu dicuci agar bakteri yang terperangkap di dalamnya bisa luntur. Dalam mencuci, usahakan menggunakan deterjen yang mengandung bahan alami dan anti bakteri. Salah pilih deterjen dapat memperparah iritasi pada wajah. Residu dari kandungan deterjen dapat menempel di masker dan mengganggu kesehatan kulit.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Selalu Berpikiran Positif

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *