Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

 Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

Kitapastibisa.id – Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang – Kompas

Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang – Ungkapan “Kita adalah apa yang kita makan” seringkali kita temukan agar kita lebih memperhatikan dan meningkatkan asupan yang baik bagi tubuh. Tubuh tentu saja membutuhkan beragam nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk membantu metabolisme dan meningkatkan daya tahan tubuh kita setiap hari.

Pola konsumsi sangat berkaitan erat dengan gaya hidup dan kondisi tubuh kita untuk waktu yang lama. Karenanya memiliki pola konsumsi yang baik secara konsisten merupakan sebuah upaya agar badan dan tubuh kita senantiasa sehat. Di negara maju, biasanya pola konsumsi menjadi tidak sehat karena tersedianya berbagai tempat makan siap saji dengan kandungan kolesterol dan lemak yang sangat tinggi sehingga mudah sekali menjadi salah satu penyebab untuk diabetes, kolesterol, dan obesitas.

Baca Juga: Meneladani Sikap Syekh Ali Jaber Kala Menghadapi Musibah

Beberapa kebiasaan untuk melatih pola makan seimbang.

Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang
Kitapastibisa.id – Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang – Kompas
  1. Mengenali kebutuhan tubuh

Setiap orang akan memiliki kebutuhan dan respon yang berbeda-beda terhadap makanan. Hal ini tentu saja sangat penting untuk kita pelajari dan kita terapkan dalam keseharian. Bisa jadi tubuh kita memerlukan banyak asupan buah dan sayur, dan air putih. Namun kita kembali harus menyesuaikan dengan kegiatan atau aktivitas kita apakah dengan konsumsi makanan tersebut cukup, atau kita harus menambahkan asupan lainnya seperti daging maupun protein. Intinya, jika kita bisa mengenal kebutuhan dan pola makan kita, kita akan mampu secara bertahap menemukan pola makan seimbang.

  1. Mengurangi konsumsi makanan siap saji

Memasak merupakan salah satu kegiatan yang cukup memakan waktu. Namun, jangan salah dengan menyediakan waktu khusus untuk memasak dan mengolah makanan bagi diri kita dan keluarga, kita artinya telah bersungguh-sungguh untuk menyajikan asupan terbaik bagi tubuh kita sendiri. Hal ini, tentu saja berbeda jika kita mengonsumsi makanan siap saji yang cenderung “instant”. Untuk konsumsi sesekali sih tidak apa apa ya, namun jangan sampai menjadi kebiasaan. Sehingga kita justru menjadi malas untuk mengolah makanan kita sendiri.

  1. Tingkatkan konsumsi sayur dan buah

Alam telah mencukupi kebutuhan kita lho, sehingga konsumsi buah dan sayur tentu sangat membantu menjaga pola makan kita agar lebih sehat. Pilih buah dan sayur yang kamu suka, sehingga kamu juga akan tetap merasa bahagia ketika menyantapya ya.

  1. Memiliki jam makan yang teratur

Keteraturan menjadi salah satu kunci untuk bisa menerapkan pola makan yang seimbang. Karena kita tubuh akan mulai menandai kapan ia akan menerima asupan dan menyerap nutrisi. Hal ini akan membuat tubuh juga mengatur dan menemukan polanya sendiri di dalam tubuh kita.

Baca Juga  Membuat Minuman Segar Dari Buah Yang Menyehatkan

Artikel Terkait