Tips Memilih Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi

 Tips Memilih Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Kitapastibisa.id – Tips Memilih Beberapa Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi -Orami

Tips Memilih Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi – Berbelanja sayur-sayuran bisa dilakukan baik di pasar tradisional ataupun di supermarket. Ada anggapan bahwa sayuran di pasar tradisional lebih segar dibanding yang ada di supermarket, sebab kadang sudah dipajang berhari-hari di rak pendingin. Namun tidak peduli dimana pun berbelanja, usahakanlah untuk selalu memilih sayuran segar agar dapat mendapatkan nutrisi yang semaksimal mungkin.

Baca Juga: Pertunjukan Boneka Papermoon Puppets Theatre

Sayuran daun

Daun Selada
Kitapastibisa.id – Sayuran Daun – Jpnn

Merupakan jenis yang paling mudah dipilih sesuai tampilannya. Adapun contohnya adalah kangkung, bayam, sawi, selada, dan kol. Hampir semua jenis sayuran daun berwarna hijau, meskipun ada beberapa yang berwarna merah.

Cara memilihnya adalah pilih yang warnanya segar dan tidak layu walaupun disimpan di dalam maupun luar rak pendingin. Jika warna sayur daun yang Anda pilih adalah hijau pastikan tidak ada warna kecoklatan, kekuningan, atau kehitaman pada bagian daunnya. Jika diperhatikan struktur tulang daun masih terlihat jelas. Bagian batang daun mudah dipatahkan tapi tidak terasa kenyal, lembek, dan berlendir. Tidak ada bercak hitam pada daun dan masih terlihat segar tanpa goresan hitam. Jika daun terlihat berlubang karena dimakan ulat atau bahkan ada ulat itu tandanya adalah sayuran segar yang bebas pestisida.

Baca Juga  Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

Sayur kacang-kacangan

Tips Memilih Beberapa Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Dikonsumsi
Kitapastibisa.id – Sayuran Kacang-kacangan – Tribun

Sayur berjenis kacang-kacangan ini biasa dimasak dengan cara tumis atau dimasukkan ke dalam sup. Sayur yang masuk dalam jenis kacang-kacangan adalah buncis, kacang panjang, dan kapri.

Sebagi panduan dalam membeli sayur kacang-kacangan yang baik dan segar adalah pilihlah yang warnanya terlihat segar sesuai dengan warna aslinya, seperti kacang panjang berwarna hijau tua, bukan berwarna kecoklatan atau kekuningan. Tidak berbintik atau berlubang. Biji di dalamnya tidak akan terlihat jelas jika dilihat dari luar. Teksturnya kenyal tapi mudah dipatahkan. Tidak berlendir atau terasa lembek jika dipegang

Sayuran buah

4 Jenis Sayuran Yang Bisa Dipanen Dalam 30 hari
Kitapastibisa.id – Sayuran Buah – Cekkembali

Memiliki berbentuk seperti buah-buahan tapi masuk ke dalam jenis sayuran. Contoh tomat, mentimun, labu, terong, dan paprika.

Cara memilihnya pun sangat mudah, pilihlah yang Bentuknya utuh, tidak penyok, tidak keriput, dan tidak bolong atau cuil. Jika dipegang buah terasa padat dan tidak lembek. Pada kulit buah tidak terdapat goresan, bercak hitam, dan tidak berlendir. Warnanya segar sesuai dengan warna asli buahnya, seperti tomat warnanya merah segar tidak kekuningan atau kehijauan. Jika dibau tidak akan berbau busuk dan justru baunya masih terasa segar.

Baca Juga  Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *