Tips Konsumsi Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat

 Tips Konsumsi Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat

Kitapastibisa.id – Tips Konsumsi Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat – Alodokter

Tips Konsumsi Makanan Agar Tubuh Lebih Sehat – Menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Sebab dari tubuh yang sehat akan tercipta sistem kekebalan yang kuat. Dengan demikian tubuh mampu bertahan terhadap serangan beragam virus dan penyakit. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan sehat juga membawa dampak baik bagi mood sehari-hari

Kementerian Kesehatan Indonesia telah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Prinsip makan ini menjadi panduan pola hidup sehat secara keseluruhan yang termasuk aktivitas fisik dan kebersihan diri.

Makanan yang mengandung vitamin A, B6, C, D dan E sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi antara lain wortel, bit, susu, sayuran hijau, telur. Protein pada kacang-kacangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Termasuk olahan kacang kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe.

Buah-buahan merupakan makanan yang sehat dan bergizi. Karena memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang dapat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu ada sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam asupan harian. Kandungan seratnya juga akan memperlancar pencernaan dan menurunkan kadar lemak. Tak hanya itu, buah juga mengandung air yang dapat menghidrasi tubuh.

Baca Juga  Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

Baca Juga: Menghabiskan Weekend Dengan Kegiatan Yang Sehat

Mengetahui Pentingnya Sarapan Sehat

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting. Karenanya kamu harus memilih menu makanan sehat untuk sarapan. Dengan selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Kamu bisa memilih menu sederhana seperti nasi telur, ikan, daging dan buah. Atau konsumsi telur dengan roti dan sedikit sayuran.

Sementara untuk makan siang akan lebih baik mengonsumsi sayuran. Bisa berupa sayuran tradisional seperti gado-gado, tumisan sayuran, pecel, sup sayuran yang bisa dilengkapi dengan ikan, tahu dan tempe. Untuk sesi makan ringan di sore hari kamu bisa memilih dengan secangkir teh tanpa gula. Hindari mengonsumsi banyak gorengan. Makan camilan rebusan seperti jagung, pisang atau ubi kukus.

Pilihlah makanan yang mudah dicerna. Karena dapat memuaskan rasa lapar dan haus. Karena itu kamu tidak perlu mengonsumsi makanan terlalu banyak yang akan membuat berat badan menjadi naik. Pilihlah makanan lokal yang segar, mudah didapat dan dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana yang bergizi dan mudah dicerna.

Baca Juga  Mengahadapi Anak yang Susah Makan

Artikel Terkait