Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor

 Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor

Kitapastibisa.id – Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor – Honestdocs

Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor – Setiap harinya, kita akan menghabiskan waktu delapan hingga sepuluh jam tiap hari untuk bekerja dari rumah selama masa pandemi ini ataupun jika kita tetap bekerja di kantor. Walaupun mungkin memiliki pengalaman yang tetap berbeda, rasa lelah, stress dan jenuh menjadi hal yang pasti menghinggapi kita selama terus menerus duduk dan menghadap komputer.

Tak terkecuali juga rasa kaku yang terjadi pada beberapa bagian tubuh. Terutama yang menjadi beban selama duduk, biasanya efek yang paling terasa adalah tidak lancarnya aliran darah.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan beryoga. Yoga merupakan aktivitas olah tubuh serta pikiran yang berfokus pada fleksibilitas, kekuatan serta pernapasan untuk meningkatkan kualitas fisik dan juga mental.

Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Praktik olah tubuh ini telah dilakukan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Baca Juga  Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh

Menariknya, yoga ternyata tidak membutuhkan tempat khusus atau area yang luas. Kita dapat melakukannya cukup di kursi  atau bahkan di sela-sela waktu sibuk bekerja.

Baca Juga: Mengatasi Kulit Wajah Yang Berminyak

Berikut beberapa gerakan yoga ringan yang bisa dilakukan ketika di kantor.

Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor
Kitapastibisa.id – Tips Gerakan Yoga Ringan Ketika di Kantor – Wanita22
  1. Duduk

Melakukan gerakan duduk yang benar, dan fokus pada nafas merupakan salah satu gerakan sederhana yang bisa kita lakukan.  Caranya, duduk dengan posisi tegak, lalu taruh kedua tangan di atas paha kita secara sadar dan perlahan. Kemudian tarik napas secara perlahan dan penuh kesadaran. Jaga posisi hingga dua menit dan pikiran kita akan menjadi rileks.

  1. Stretch

Sambil menjaga posisi duduk semula, angkat kedua tangan hingga bertemu di atas kepala kita. Jaga tangan agar tetap lurus sambil bernapas pelan-pelan sebanyak 5 tarikan napas.

  1. Side Stretch

Berdiri tegak kemudian angkat kedua tangan ke samping hingga membuat tubuh kita merenggangkan tubuh. Arahkan kepala ke arah berlawanan dan jaga posisi mata lurus ke samping. Kemudian pelan-pelan tarik napas hingga 2-5 kali tarikan. Ulangi hal yang sama untuk masing-masing sisi.

  1. Frame

Sesuai namanya, posisi ini membuat kedua tangan Anda membingkai kepala dengan pas. Caranya, berdiri tegak kemudian angkat kedua tangan lalu tekuk hingga posisi siku berada tepat di samping kepala. Untuk menjaga posisi siku tersebut kaitkan jemari tangan Anda ke sisi tangan yang lain. Sempurnakan gerakan ini dengan bernapas sebanyak 5 tarikan napas.

Baca Juga  Menjadikan Hunian Nyaman dan Sejuk

Artikel Terkait