Tips Dalam Menulis Cerita Perjalanan

 Tips Dalam Menulis Cerita Perjalanan

Kitapastibisa.id – Tips Dalam Menulis Cerita Perjalanan – southeastasiabackpacker

Tips Dalam Menulis Cerita Perjalanan – Bepergian ke salah satu tujuan wisata atau ke tempat asing menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi orang-orang yang berjiwa traveller. Apakah kamu menyukai perjalanan dan menuliskannya dalam sebuah buku harian atau bahkan blog?

Bagi sebagian orang menuliskan segala pengalamannya ketika melakukan perjalanan merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga kenangan akan perjalanan tersebut. Bertemu dengan orang baru, berada di tempat baru yang sangat berbeda dari tempat asal kita. Berkenalan dengan makanan khas daerah yang sulit ditemui tandingannya di daerah lain. Juga sebagai hal-hal yang bisa kita kenang dikemudian hari.

Nah, bagi kamu yang menyukai perjalanan dan ingin membagikannya dalam bentuk tulisan kepada orang lain, kamu bisa intip tips berikut ya!

Baca Juga: Berkeliling dan Belajar Sejarah Bersama Walking Tour

  1. Menetapkan Tujuan Perjalanan

Seringkali kita melakukan perjalanan hanya karena tempat wisata yang cantik. Misalnya hamparan pasir pantai yang putih, dan laut biru yang cantik. Tentu hal tersebut tidak salah sama sekali, namun ada banyak hal dalam sebuah perjalanan yang bisa menjadikan cerita dan pengalaman kita berkesan. Misalnya kita menetapkan tujuan untuk sekaligus belajar tentang kehidupan penduduk lokal, atau juga memperlajari sejarah dari tempat tersebut. Ikut mengenal bahasa asli dan masakan khas yang biasanya akan memiliki cita rasa dan nama yang berbeda. Apalagi jika kita berbicara mengenai Indonesia yang sangat kaya akan budaya dan ceritanya.

  1. Mempelajari lebih banyak tentang tempat tujuan

Sebelum memulai perjalanan ke sebuah tempat, kita seringkali melakukan persiapan dan riset tentang destinasi kita. Tetapi kebanyakan kita membuat persiapan terkait urusan akomodasi. Itu juga sangat penting sih, namun apabila dalam niatan awal kita sudah yakin ingin melakukan dokumentasi mengenai perjalanan. Kita bisa menyicil dengan membaca dan mencari tahu sedikit banyak soal budaya dan sejarah destinasi kita tersebut. Hal ini tentu saja sangat membantu kita berkomunikasi dan mencapai tujuan yang telah kita tetapkan di awal, selain untuk berfoto dan bersantai ria lho!

  1. Meluaskan Sudut Pandang

Seringkali dalam menuliskan cerita tentang perjalanan, kita hanya terpaku menggunakan sudut pandang orang pertama atau fokus pada ke-aku-an. Padahal bisa jadi bertukar cerita dengan orang-orang yang kita temui selama perjalanan dan menggunakan kaca mata pihak ketiga juga akan menjadi sebuah catatan perjalanan yang berbeda. Dimana kita bisa mengingat tempat tersebut lho.

Baca Juga  Tanda dan cara Melepaskan Diri dari Gangguan Jin

Artikel Terkait