Tips Dalam Memilih Jajanan Sehat

 Tips Dalam Memilih Jajanan Sehat

Kitapastibisa.id – Tips Dalam Memilih Jajanan Sehat – Hipwee

Tips Dalam Memilih Jajanan Sehat – Sekarang ini ada ribuan jenis jajanan yang tersedia. Jajanan atau snack juga merupakan kebutuhan kita. Sayangnya, tidak semua jajanan terjamin kebersihan dan keamanannya. Masalahnya bagaimana memilah semua jajanan itu sehingga dapat tetap dikonsumsi secara tepat, sehat, dan bergizi. Pengetahuan jajanan jarang sekali dipedulikan sehingga terjadi kurangnya pemahaman mengenai jajanan yang aman dan berkualitas. Jajanan yang kurang sehat akan membawa dampak kurang baik, oleh sebab itu dibutuhkan pengetahuan yang baik mengenai jajanan sehat. Berikut beberapa tips dalam memilih jajanan yang tepat.

Cara Menentukan Jajanan Sehat

Pertama selalu cek bahan apa saja yang terkandung dalam jajanan yang dikonsumsi. Sebisa mungkin hindari pemanis, penyedap, dan pengawet yang berlebihan. Sebab bahan tersebut mempunyai efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Selain dari sisi bahannya, cobalah juga perhatikan warna dan tekstur dari jajanan yang anda konsumsi. Warna yang mencolok biasanya mengandung zat pewarna yang berbahaya sehingga harus dihindari. Sebab zat pewarna berbahaya dapat memicu penyakit berbahaya seperti kanker. Sedangkan tekstur yang cenderung terlalu kenyal atau terlalu keras juga bisa jadi mengandung bahan-bahan yang tidak seharusnya dimakan. Tidak cukup sampai disitu saja, cobalah juga mencium aroma dari jajanan yang hendak dimakan. Jika ada aroma tak sedap ataupun aroma bahan kimia, sebaiknya berhenti mengonsumsinya.

Baca Juga  Kesalahan Dalam Pemakaian Masker Wajah

Kedua, selalu perhatikan kebersihan dari jajanan dan makanan tersebut. Jika mungkin cara pembuatan atau cara masaknya hingga peralatan makan terkesan tidak bersih, sebaiknya dihindari. Perhatikan jugalah kebersihan tempat jualannya, meski sederhana tapi pastikan areanya bersih. Kebersihan penjual adalah syarat penting untuk menentukan makanan layak dimakan atau tidak. Karena dari kebersihan penjualnya bisa menjadi indikasi kebersihan makanannya. Salah satu indikator kebersihan makanan adalah terhindar dari lalat atau zat di sekitarnya yang dapat mengkontaminasi makanan. Sehingga menjadi makanan yang tidak sehat. Hindari makanan yang dihinggapi lalat, terpapar debu secara langsung dan zat yang berbahaya di sekitarnya.

Ketiga, selalu perhatikan kemasan atau pembungkus makanan sebab bungkus makanan mengalami kontak langsung dengan makanan yang akan dimakan. Jika bungkus makanan yang tidak bersih dan tidak memadai maka makanan akan terkontaminasi dengan bungkus makanan tersebut. Hindari bungkus makanan yang berasal dari kertas bekas atau koran bekas karena bahan tersebut tidak bisa dicuci dan rentan terkontaminasi dengan bakteri dan virus. Apabila anda mengonsumsi makanan dalam kemasan selalu perhatikan masa kadaluarsa sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Usahakan untuk memilih makanan yang tanggal pembuatan dan kedaluwarsanya tidak terlalu jauh.

Baca Juga  Budidaya Udang dengan Era Digital

Baca Juga: Peci Hitam Yang Menjadi Icon Bangsa

Mengurangi Junk Food dan Memilih jajanan dari bahan alami

Cobalah untuk mengurangi jajanan Junk Food dan mulai memilih jajanan dari bahan alami. Junk food memang selalu menggiurkan, namun di dalamnya tidak terkandung cukup nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, junk food juga berkontribusi menyebabkan beragam penyakit berbahaya dalam tubuh. Maka cobalah jajanan yang herasal dari bahan alami dalam pengolahannya, seperti rujak atau buah segar.

Jajanan harus memenuhi syarat keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktifitas. Jajanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dengan porsi berimbang. Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk proses metabolisme dalam tubuh. Semakin alami makanan maka semakin sehat untuk tubuh Anda.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *