Tips Cara Merawat Rambut Rusak

 Tips Cara Merawat Rambut Rusak

Kitapastibisa.id – Tips Cara Merawat Rambut Rusak – trikmerawak

Tips Merawat Rambut Rusak – Rambut adalah mahkota wanita. Maka tidak heran pada saat ini, banyak sekali wanita yang berlomba-lomba yang memperindah rambutnya. Melalui cara memotong, meluruskan, mengeriting, hingga memberi warna pada rambut mereka.

Namun hal tersebut justru juga akan merusak rambut jika rambut tidak dirawat dengan baik dan benar. Merawat keindahan rambut sama pentingnya dengan merawat kulit. Rambut yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerontokan dan kerusakan pada rambut. Selain faktor internal seperti stress dan hormonal, faktor eksternal seperti sinar UV, polusi, kotoran hingga cuaca panas dapat membuat rambut akan cepat rusak.

Berikut ini  adalah cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau:

Baca Juga: Mencerahkan Kulit Wajah Secara Natural

  1. Rajin Mencuci Rambut

Rambut menghasilkan minyak alami yang secara terus menerus dikeluarkan dari kulit kepala dan akan menumpuk jika tidak dicuci. Hal tersebut akan menjadi penyebab ketombe dan kerontokan pada rambut. Membersihkan rambut dengan sampo yang baik dan benar akan mencegah semua masalah tersebut. Namun, hindari terlalu sering mencuci rambut karena dapat membuat rambut kehilangan minyak aslinya yang mengakibatkan lebih mudah kering dan rapuh.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Baca Juga  Berbahaya Terlalu Sering Meminum Air Jahe

Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, sangat penting untuk mengonsumsi banyak air putih. Rambut memerlukan cukup air agar bisa tumbuh subur, selain itu air juga dapat membantu rambut terhindar dari ketombe dan rambut rontok. Mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari agar kulit kepala mendapat asupan cairan yang cukup.

  1. Menggunakan Kondisioner

Kondisioner berguna sebagai pelembab bagi rambut yang mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering. Kelebihan kondisioner adalah untuk mengunci nutrisi yang sebelumnya sudah masuk pada batang rambut. Disarankan penggunaan kondisioner dilakukan terakhir setelah sampo dan masker. Dan juga jangan menggunakan kondisioner mendekati akar karena akan berpotensi untuk mmbuat rambut rontok bila pembilasan tidak maksimal.

  1. Jangan Terlalu Sering Menguncir Rambut

Mengikat rambut dapat dilakukan untuk menunjang penamilan dan dinilai praktis untuk mengurangi rasa panas ketika cuaca sedang terik. Tapi ternyata, kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk pada rambut karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, ketombe, rambut berminyak, dan menghambat pertumbuhan rambut.

  1. Melindungi Rambut dari Cahaya Matahari
Baca Juga  Belanja Online Di Tengah Masa Pandemi

Sinar UV dan polusi dapat mencegah kutikula yang menyebabkan rambut menjadi kering, patah, dan rusak. Untuk menjaganya lebih baik menggunakan topi saat beraktivitas di luar ruangan. Menutupi rambut adalah cara yang baik untuk melindunginya dari partikel udara yang mungkin saja beracun dan berbahaya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *