Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi

 Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi

Kitapastibisa.id – Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi – Okezone

Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi – Menghabiskan waktu di rumah kala pandemi nyatanya membuat pengeluaran membengkak. Bukan saja karena penggunaan listrik lebih banyak, namun juga pengeluaran tak terduga seperti kebutuhan hiburan.

Pandemi Covid-19 dapat membuat pola belanja, transaksi, hingga pendapatan berubah. Misal, keluarga Anda menggunakan internet lebih sering untuk bekerja. Jika biasanya fasilitas tersebut tersedia di kantor, kini Anda harus membayarnya sendiri.

Belum lagi jika berbicara tentang kondisi kantor. Sebagian pekerja mendapati penghasilannya dipotong lantaran perusahaan sedang payah. Atau bahkan ada yang kehilangan pekerjaannya. Hal ini mendorong masyarakat untuk berhemat agar tidak merugi.

Baca Juga: Melestarikan Museum Lewat Komunitas Malam Museum

Tips berhemat dari perencana keuangan, Ruisa Khoiriyah

Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi
Kitapastibisa.id – Tips Berhemat Di Tengah Situasi Pandemi – Car.co.id

1. Pertimbangan kebutuhan tersier

Salah satu godaan kala banyak waktu di rumah adalah langganan tv kabel atau layanan media streaming seperti Netflix. Anda pasti butuh hiburan untuk mengisi waktu luang Anda ketika di rumah saja. Namun, Anda harus mempertimbangkan lagi untuk langganan.

Baca Juga  Dari Mana Tradisi Halalbihalal di Indonesia?

Anda bisa berhemat dengan cara nonton film seri favorit Anda dari situs streaming gratis. Atau, Anda bisa ubah aktivitas hiburan Anda dengan berolahraga.

2. Membatasi jasa food delivery

Anda memiliki banyak waktu di rumah. Artinya, Anda punya banyak waktu untuk belajar membuat masakan rumahan. Ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi jajan melalui jasa food delivery.

Misalnya, Anda penggemar berat kopi. Anda bisa mulai belajar membuat kopi sendiri yang mana bisa lebih hemat daripada membeli kopi. Ini juga bisa menjadi media untuk mengontrol keinginan Anda.

3. Menunda pengeluaran untuk rumah

Jika Anda merupakan orang yang punya rencana untuk renovasi rumah, sebaiknya Anda tunda dulu. Sebaiknya Anda beradaptasi dengan situasi keuangan saat ini sebelum Anda merenovasi rumah. Jangan tergiur dengan promo yang diberikan berbagai marketplace. Alasannya, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan.

Boleh jadi barang yang Anda beli bukanlah barang yang dibutuhkan ke depannya. Pertimbangkan untuk menggunakan barang yang masih ada. Mempertahankan tabungan Anda lebih penting saat ini ketimbang merenovasi rumah.

Baca Juga  Menjaga Ruang Kerja Di Rumah Rapi Dan Bersih

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *