Tips Bagi Dalam Mendongeng Untuk Anak

 Tips Bagi Dalam Mendongeng Untuk Anak

Kitapastibisa.id – Tips Bagi Dalam Mendongeng Untuk Anak – Okezone

Tips Bagi Dalam Mendongeng Untuk Anak – Seiring dengan pertumbuhan anak, ikatan emosional dapat berkembang melalui hal yang dilakukan bersama dengan orang tua. Salah satunya adalah lewat aktivitas sehari-hari seperti dengan mendongeng atau bercerita. Lewat mendongeng, akan dapat lebih mudah untuk memahami penjelasan-penjelasan dari Orang Tua. Bahkan lewat aktivitas mendongeng ini juga bisa membangkitkan daya imajinasi anak.

Orang tua yang peduli akan tumbuh kembang anak-anaknya, sebaiknya punya koleksi cerita atau dongeng yang memiliki konten pembangunan karakter, wawasan atau pengetahuan, hingga cerita yang hanya sebagai media menghibur saja. Sebab dongeng tidak hanya menyenangkan, tetapi juga harus memiliki kekuatan pesan bagi Anak. Sehingga, sangat wajar jika dikatakan bahwa orang tua merupakan pendongeng terbaik bagi anak-anaknya.

Mendongeng adalah metode penyampaian cerita dengan cara bertutur kata. Mendongeng bisa menjadi aktivitas berkomunikasi antara orang tua dengan anak, atau guru dengan muridnya. Jadi, mendongeng bisa dilakukan kapan saja. Lantas apakah hal yang perlu diketahui orang tua sebelum mendongeng untuk anak.

Baca Juga  Daun Kelor Bagus Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Baca Juga: Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics

Percaya Diri Dalam Mendongeng

Dalam mendongeng Orang tua bisa belajar sekaligus meningkatkan keintiman dengan Anak. Namun, bila mendongeng dilakukan tak ubahnya seperti sedang berbicara kepada anak. Maka akan membuat anak-anak akan cepat merasa bosan. Disinilah perlu rasa percaya diri dari Orang Tua.

Aspek utama mendongeng, yaitu suara. Melalui suara narasi maupun suara penokohan. Jika orang tua tidak memiliki rasa percaya diri ditambah dengan tidak adanya suara dan intonasi yang baik, maka anak pun tidak akan mengerti mengenai maksud dari dongeng yang diceritakan.

Selain itu, gerak tubuh, mimik, dan perubahan suara dalam menggambarkan penokohan juga menjadi bagian paling mengasyikkan dari mendengarkan dongeng. Perlu rasa percaya diri dari Orang tua untuk memenangkan perasaan Anak dari dongeng yang diceritakan. Agar nantinya tidak akan membuat anak-anak merasa bingung. Untuk mendukung rasa percaya diri orang tua dalam bercerita, bisa dengan menggunakan alat peraga, seperti gambar atau boneka. Sehingga akan benar-benar membuat anak mengerti.

Baca Juga  Menilik Asal-usul Nenek Moyang Manusia Versi Islam

Artikel Terkait