Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula

 Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula

Kitapastibisa,id – Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula – AyoBogor

Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula – Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang sedang populer belakangan ini. Selain mudah dan menyenangkan, bersepeda juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mampu mengurangi kemungkinan mengalami banyak masalah kesehatan. Bersepeda membuat nafas menjadi lebih dalam, berkeringat serta meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Olahraga bersepeda dikenal menjadi kegiatan yang menguras banyak energi. Apalagi jika kamu masih menjadi pemula dalam olahraga ini. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan bersepeda tetap aman dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut tips aman untuk bersepeda bagi pemula.

Baca Juga: Filosofi Mendalan Dibalik Rumah Adat Suku Huaulu

1. Mengayuh Dengan Tetap Dan Stabil

Kegiatan bersepeda memerlukan ketahanan fisik yang baik. Putaran kayuhan kaki yang sebaiknya dijaga adalah 70 persen dari detak jantung paling optimal dari tubuh kita. Sesuaikan kisaran detak jantung kita agar pengendaliannya akan lebih mudah. Sehingga kita tidak akan terlalu terengah-engah karena kita terlalu bekerja keras saat mengayuh. Kontrol kayuhan supaya saat bersepeda kita bisa menyelesaikannya tanpa perlu kelelahan.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Manfaat Humidifier

2. Atur Posisi Gir Sepeda

Posisi gir sepeda menjadi bagian penting dalam setiap performa pesepeda. Cobalah untuk mengaturnya dengan memosisikannya sesuai dengan kekuatan kita sebagai penggunanya. Untuk membantu pengaturan ritme tenaga kita saat bersepeda, maka bisa dengan menyesuaikan posisi gir dengan kekuatan kita sendiri. Sehingga ketika kelelahan melanda dan sudah terasa berat dalam mengayuh peda, maka ganti gir ke yang lebih ringan.

3. Latihan Secara Teratur

Bersepeda tanpa adanya latihan rutin akan membuat tenaga lebih cepat habis dan tubuh menjadi lebih gampang capek. Latihan teratur diperlukan untuk melatih pernapasan serta otot supaya tidak kaget ketika sedang bersepeda. Sebelum bersepeda, pastikan untuk latihan teratur namun tidak secara berlebihan karena Anda pun tetap membutuhkan istirahat yang cukup. Tubuh sebaiknya tidaklah dipaksakan untuk latihan fisik. Pastikan untuk dapat mengambil waktu istirahat yang baik dan cukup agar kebugaran tubuh bisa tetap terjaga sehingga bersepeda akan lebih terasa menyenangkan.

Artikel Terkait