Tingkatkan Sistem Imun lewat Sayur dan Buah

 Tingkatkan Sistem Imun lewat Sayur dan Buah

Kitapastibisa.id – Tingkatkan Sistem Imun lewat Sayur dan Buah Kaya Vitamin – Detik

Tingkatkan Sistem Imun lewat Sayur dan Buah – Memperkuat sistem imun tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan virus Covid-19. Seperti yang telah diketahui bahwa virus ini telah menginfeksi di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah banyak yang orang positif terkena COVID-19. Seabab dari sistem imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya.

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun, ada hal-hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, antara lain penuaan, kurang gizi, penyakit, bahkan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat.

Tak heran, jika banyak orang berlomba-lomba memborong suplemen vitamin. Padahal bukan hanya dari suplemen, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dan E dari makanan yang bergizi.

Baca Juga: Lidah Buaya dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sayur Dan Buah Kaya Dengan Vitamin C dan E

Buah tomat menjadi salah satu sumber vitamin C dan E. Satu buah tomat mengandung 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini bisa menjadi antioksidan alami yang bisa memelihara sistem metabolisme, daya tahan tubuh dan mencegah peradangan tubuh.

Baca Juga  Cara Untuk Mengontrol Rasa Lapar

Buah naga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin B1, B2, B3 serta kalsium hingga zat besi. Konsumsi buah naga secara teratur dapat membantu lawan virus dan bakteri.

Buah alpukat tinggi akan kandungan vitamin E. Setengah potong buah alpukat setara dengan 2 mg vitamin E. Tak hanya dapat meningkatkan sistem imun, vitamin E yang bersifat antioksidan juga dapat memperlambat kerusakan sel dan melancarkan sistem peredaran darah.

Selain buah, ada juga sayuran yang mengandung tinggi vitamin C. Kandungan vitamin C dalam 100 gram brokoli lebih besar dari jeruk yaitu sekitar 89 mg. Brokoli bisa dicampurkan dalam sup atau ditumis dengan beberapa sayuran lainnya.

Sayur bayam mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi inflamasi. Konsumsi sayur bayam juga bisa mengobati peradangan akibat kuman dan bakteri.

Seporsi bayam mentah dengan berat 100 gram mengandung 2,03 mg vitamin E. Selain itu, 100 gram bayam juga mengandung 28,1 mg vitamin C dan 558 mg potasium.

Baca Juga  Tips Menemukan Pola Sarapan yang Baik Bagi Tubuh

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *