Tiga Hal Penyebab Kerasnya Hati

 Tiga Hal Penyebab Kerasnya Hati

Kitapastibisa.id – Tiga Hal Penyebab Kerasnya Hati – Kompas

Tiga Hal Penyebab Kerasnya Hati – Kerasnya hati seorang muslim merupakan sebuah musibah yang sangat besar. Karena hal tersebut mampu membuat kehidupan keagamaan seorang muslim hancur. Mulai dari hati yang tidak tenang hingga ilmu agama yang sulit masuk.

Untuk itu, Allah subhanahu wa ta’ala menyebut mereka yang hatinya telah mengeras sebagai orang-orang yang celaka. Mereka berbeda dengan orang-orang yang telah mendapatkan petunjuk, yakni orang yang saleh. Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 22,

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan oleh Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Rabb-nya (sama dengan orang yang hatinya keras)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang hatinya keras untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.”

Untuk terhindar dari sifat orang yang celaka tersebut, maka kita harus menghindari perkara yang dapat membuat jadi keras. Berikut 3 hal yang mampu membuat hati menjadi keras.

Baca Juga: Belajar Bersikap Santun dalam Menasihati

Perkara Perusak Hati: Banyak Tertawa, Berdosa dan Mendengarkan Musik

Dari sekian banyak hal yang mampu merusak hati, kali ini kita akan membahas 3 hal yang mampu merusak hati. Pertama, yakni terlalu banyak tertawa.

Baca Juga  Mudah Bosan Termasuk Akhlak yang Buruk

Tertawa tidak selalu tanda bahagia. Dalam Islam, bahagia adalah bentuk ketenangan hati dan jiwa. Inilah kebahagiaan yang Allah berikan kepada seorang muslim. Berbeda dengan tertawa dan bercanda. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Janganlah kalian banyak tertawa! Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.”

Kedua, berlarut dan tenggelam dalam dosa. Ketika seseorang melakukan dosa, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebut dosa tersebut berbentuk titik hitam dalam hati. Semakin banyak dosa, maka semakin banyak pula titik hitam yang menyelimuti hati.

Nabi Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya seorang Mukmin jika melakukan dosa, maka akan ada bintik hitam di hatinya. Jika dia bertaubat dan berhenti (dari dosa tersebut) serta memohon ampunan, maka hatinya akan mengkilap. Apabila dia terus melakukan dosa, maka bertambah pula noktah hitam itu. Itu adalah ar-rân (penutup) yang disebutkan oleh AllAh di kitab-Nya: ‘Sekali-kali tidak (demikian), Sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka dalam surat Al-Muthaffifîn :14.”

Baca Juga  Tips Dalam Menulis Cerita Perjalanan

Ketiga, hati akan mengeras ketika lalai dalam mengingat Allah. Salah satunya dengan kata-kata yang tidak berguna dalam musik dan lagu-laguan. ‘Abdullah bin Mas’ûd radhiyallahu anhu berkata,

“Lagu-laguan menumbuhkan kemunafikan di dalam hati”

Sebagian besar lagu dan nyanyian berisikan kalimat-kalimat yang tidak bermanfaat. Mulai dari kisah percintaan yang tidak senonoh, bahkan kalimat yang mengandung kemusyrikan. Itulah sebabnya sahabat Nabi menyampaikan bahwa lagu boleh jadi penyebab hati menjadi keras.

Artikel Terkait