Terapi Musik, Sarana Kesehatan Jiwa

 Terapi Musik, Sarana Kesehatan Jiwa

Kitapastibisa.id – Terapi Musik, Sarana Kesehatan Jiwa – Sociolla

 Musik dipercaya dapat menyehatkan jiwa, bahkan ada beberapa masalah kejiwaan tertentu bisa disembuhkan lewat terapi musik. Merupakan program terapi yang dijalankan oleh terapis dengan menggunakan musik sebagai sarana penyembuhan seseorang. Mulai dari mendengarkan musik, bernyanyi hingga menciptakan musik itu sendiri.

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dari Terapi Musik. Selain mampu meningkatkan kesehatan mental, juga dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang yang memiliki masalah kesehatan fisik. Terapi juga sudah terbukti secara klinis mampu membantu menangani masalah kejiwaan yang berhubungan dengan penyakit emosional, kognitif, hingga masalah sosial. Mereka dapat lebih peka terhadap emosi sekaligus membangun koneksi dengan orang-orang yang mereka sayangi.

Orang yang sering mengalami kecemasan berlebih, depresi, dan trauma karena kejadian dapat mengikuti oleh terapi jenis ini. Begitu pula dengan orang Penderita autisme dan penderita gangguan jiwa serta bagi orang yang mengidap penyakit alzheimer dan demensia, terapi musik dapat menjadi wadah untuk menyalurkan rasa sakit yang mereka rasakan. Dengan cara mengurangi gejala, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi kegelisahan. Penderita autisme terapi ini bermanfaat dalam membangun keterampilan, mengurangi kecemasan, dan mengembangkan kemampuan komunikasi.

Baca Juga  Bisakah Kita Belajar dari Kesuksesan Netflix?

Selain itu terapi musik juga sangat bermanfaat bagi bayi, sebab memiliki pengaruh terhadap laju pernapasan yang lebih stabil. Serta dapat membantu bayi menstabilkan denyut jantungnya. Terapi ini juga diketahui dapat mengatasi insomnia. Caranya adalah dengan mendengarkan musik yang Anda sukai agar tubuh dapat lebih rileks. Kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur penderita insomnia.

Baca Juga: Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Manfaat yang dapat diperoleh

Terapi musik berguna untuk menyalurkan perasaan terpendam, dengan menghilangkan kecemasan dan rasa mengganjal di dalam pikiran. Dengan mendengarkan musik tingkat kecemasan menjadi lebih rendah dan cenderung tidak merasakan ketidaknyamanan. Mendengarkan musik atau bernyanyi juga meningkatkan kemampuan fisik, psikologis, kognitif, dan emosional. Selain itu mendengarkan musik lawas sangat berguna membangkitkan memori karena dipercaya dapat membangkitkan ingatan sebelumnya. Serta membantu komunikasi dan meningkatkan koordinasi fisik.

Terapi ini dapat dilakukan oleh semua orang, karena akan menyentuh semua aspek dalam pikiran kita yang memengaruhi cara kerja tubuh, otak hingga perilaku. Bisa dilakukan melalui terapi kreatif dan terapi reseptif. Dalam terapi kreatif, pasien diminta aktif membuat atau memproduksi musik. Sedangkan dalam terapi reseptif, terapis mengenalkan pengalaman bermusik dengan tujuan relaksasi, dengan mendiskusikan perasaan, ide, atau pemikiran mengenai musik tertentu. Terapis juga biasanya mengandalkan improvisasi musik secara spontan. Baik menggunakan alat musik maupun suara, agar pasien dapat merasa nyaman, percaya diri, mampu mengekspresikan emosinya lebih luas.

Baca Juga  Perbedaan Antara Essence dan Serum

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *