Tan Siok Tjien Sosok Wanita Terkaya No 3 di Indonesia

 Tan Siok Tjien Sosok Wanita Terkaya No 3 di Indonesia

Kitapastibisa.id – Tan Siok Tjien Sosok Wanita Terkaya No 3 di Indonesia – Detik

Tan Siok Tjien Sosok Wanita Terkaya No 3 di Indonesia – Di Indonesia, Tan Siok Tjien dikenal sebagai perempuan sukses dan kaya raya, dengan kekayaan bersih mencapai US$ 5,91 miliar atau sekitar Rp 88,56 triliun. Ia menduduki posisi orang terkaya ke-3 Indonesia, dan ke-359 dalam daftar orang terkaya dunia. Tjien sendiri adalah istri mendiang pendiri PT Gudang Garam Tbk, Surya Wonowidjojo.

Menurut laporan tahunan 2018, Tan Siok Tjien memiliki saham dalam perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma. Usai kepergian sang suami, Gudang Garam dipimpin anak pertamanya, Rachman Halim. Namun Rachman meninggal tahun 2008, sehingga kini jabatan presiden direktur ditempati adiknya, Susilo Wonowidjojo.

Tjien memiliki lebih dari 31% saham Gudang Garam, membuatnya menjadi pemegang saham perseorangan terbesar. Saham itu ia pegang melalui perusahaan induk Suryaduta Investama dan Suryamitra Kusuma. Dengan kepemilikan saham yang besar pada perusahaan rokok raksasa itu, nama Tjien praktis masuk dalam jajaran orang terkaya.

Pada akhir tahun lalu, saham Tan Siok Tjien sempat anjlok, hal ini berimbas juga pada hartanya yang berkurang. Menurut hitungan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Tan Siok Tjien lenyap sekitar US$ 2,27 miliar atau setara Rp36,4 triliun sejak dari awal tahun 2019. Penurunan terjadi karena rencana kenaikan cukai rokok pada tahun 2020.

Baca Juga  Model Bertubuh Tambun Menghiasi Milan Fashion Week

Baca Juga: Elly Sugigi Dikabarkan Kembali Dekat dengan Brondong

Beberapa Wanita Indonesia Terkaya Versi Forbes

Kartini Muljadi perempuan kelahiran 17 Mei 1930 ini berada pada posisi ke-48 orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$630 juta Rp8,8 triliun. Kartini mendapat ilmu berbisnis yang setiap harinya dibangunkan sejak pagi buta untuk membeli berbagai kebutuhan pasar kemudian diperdagangkan.

Kemudian ada Dian Siswarini yang masuk ke dalam deretan wanita Indonesia paling berpengaruh di Asia menurut Majalah Forbes. Bagaimana tidak, Dian inilah wanita pertama yang menjalankan perusahaan telekomunikasi besar Indonesia, yaitu XL Axiata.

Teresa Wibowo, ketua dari Ruparupa.com, E-commerce resmi Ace Hardware, Toys Kingdom, Informa Furnishings, Krisbow Indonesia dan Kawan Lama Sejahtera. Meski baru berusia 3 tahun, sejak berdiri perusahaan ini menjadi salah satu situs belanja daring (online marketplace) terbesar Indonesia.

Arini Subianto dalam daftar orang terkaya menurut Majalah Forbes, ia menduduki peringkat ke-49 dengan kekayaan mencapai Rp8,62 triliun. Arini merupakan anak sulung dari tiga bersaudara sekaligus putri dari Benny Subianto. Kini, Arini Subianto menjabat sebagai Direktur Utama Persada Capital Investama, induk perusahaan keluarga Subianto.

Baca Juga  Zubir Said, Orang Indonesia di Balik Lagu Kebangsaan Singapura

Artikel Terkait