Sutami, Sosok Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto

 Sutami, Sosok Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto

kitapastibisa.id – Sutami, Sosok Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto – INDOZONE

Nampaknya, sekarang ini sangat langka menemukan politikus yang jujur. Namun, dulu pernah ada seorang menteri yang jujur, yaitu Ir Sutami. Saking jujurnya, atap rumahnya banyak yang bocor, dan dia pun sempat tidak mampu membayar tagihan PLN. Listrik rumahnya pun diputus PLN, meski dia pernah menjadi menteri empat kali.

Ir. Sutami adalah seorang insinyur sipil yang pernah menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum Indonesia. Beliau menjadi Menteri sejak tahun 1964 pada Kabinet Dwikora, masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Lahir di Surakarta, 19 Oktober 1928, Sutami meraih gelar insinyur sipil di ITB tahun 1956. Kariernya sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) pada kabinet Dwikora I bentukkan Soekarno. Ketika menteri-menteri lain yang bekerja pada Soekarno didepak atau dipecat secara tidak terhormat pada saat Presiden Soeharto berkuasa, lain cerita dengan Sutami. Ia diangkat oleh presiden selanjutnya dan tetap menjabat sebagai Menteri PU.

Baca Juga: Mengenal Makanan Pokok di Indonesia

Karya-karya Monumental Mantan Menteri Indonesia

Selama menjadi Menteri, Sutami telah menghasilkan karya-karya monumental di Indonesia. Mulai dari jembatan Semanggi Jakarta. Saat ini jembatan itu menjadi salah satu ikon Ibukota. Pembangunan tersebut untuk menyukseskan Asian Games 1962, di Jakarta, sehingga kemacetan di beberapa titik saat itu terurai.

Baca Juga  Wahyuni, Nenek Pendaki Gunung Asal Pekalongan

Selain itu, proyek raksasa kubah gedung MPR/DPR berwarna hijau mirip kura-kura, Waduk Jatiluhur, proyek pembangunan Bandara Ngurah Rai, Bali, pembangunan jembatan Ampera di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan juga merupakan jasanya.

Proyek Listrik Tenaga Air di Maninjau, Sumatera Barat, bendungan Karangkates, Sumberpucung, Malang, Jawa Timur juga merupakan hasil dari Menteri Ir. Sutami ini. Bendungan itu diberi nama bendungan Sutami oleh Presiden Soeharto, saat peresmiaan pada 16 Desember 1981.

Sutami disebut sebagai orang yang sederhana, dan menteri termiskin di Indonesia. Kondisi itu semakin memburuk setelah dia tak lagi menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum. Pasalnya, karena dia mengalami kesulitan, bahkan untuk biaya berobat saat sakit.

Saat lengser tahun 1978, dia mengembalikan semua fasilitas negara. Kemudian seorang pengusaha berniat memberinya mobil. Pengusaha itu tahu mobil dinas Sutami ikut dikembalikan. Tapi dengan halus Sutami menolak. Dia hanya minta diberi sedikit diskon saja dari pengusaha tersebut.

Banyak sekali menteri-menteri yang beprestasi, salah satunya menteri yang menjabat di era Presiden Soekarno dan Soeharto ini. Meskipun menjadi menteri yang paling miskin, namun prestasinya luar biasa.

Baca Juga  Gangsadewa Kelompok Musik Tradisional Yang Mendunia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *