Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics

 Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics

Kitapastibisa.id – Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics – Quartz

Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics – Stan Lee dikenal sebagai pencipta pencipta karakter ikonik Marvel Comics, seperti Spider-Man, Iron Man, The Incredible Hulk, Black Panther dan pahlawan super lainnya. Ia memiliki nama asli Stanley Martin Lieber, Ia pada 28 Desember 1922. Ia adalah putra dari imigran Yahudi dari Romania.

Semasa kecilnya, kehidupan Stan Lee banyak dipengaruhi oleh kebiasannya dalam membaca dan menonton film. Namun, Ia malah tidak tertarik membaca komik. Stan menempuh pendidikan di SMA DeWitt Clinton di The Bronx, sambil bekerja paruh waktu seperti menulis berita kematian, siaran pers untuk National Tuberculosis Center, dan juga seorang office boy.

Lulus SMA, Stan kemudian bekerja sebagai asisten editor untuk Timely Comics, yang nantinya berganti menjadi Marvel Comics. Pada 1960-an ketika Ia kemudian berkolaborasi dengan seniman seperti Jack Kirby dan Steve Ditko, menciptakan para pahlawan super.

Pada tahun 1947 Stan Lee menikah dengan Joan Clayton Boocock dan memiliki dua anak. Yakni Joan Celia yang lahir pada 1950 dan Joan Lee yang meninggal tiga hari setelah lahir pada 1953. Dan akhirnya meninggal pada 12 November 2018 di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, California, saat usianya hampir menginjak 96 tahun. Akibat gagal jantung yang dipicu oleh penyakit pneumonia yang menyerang pernapasannya.

Baca Juga  5 Sosok Konglomerat Keturunan Tionghoa yang Dahulu Melarat

Baca Juga: Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Menjadi Pelopor Kesuksesan Marvel

Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics
Kitapastibisa.id – Stan Lee Sosok Inspiratif Pencipta Marvel Comics – Elf

Sebagai salah satu pendiri Marvel Comics, Stan Lee tentu mempunyai pengaruh yang cukup besar. Ia memberikan kontribusi besar melalui berbagai karakter ciptaannya. Komik Marvel menjadi salah satu penerbit yang muncul sejak awal perang dunia kedua, yakni sekitar bulan Oktober 1939. Walaupun sempat mengalami kebangkrutan pada tahun 1996-1997.

Didirikan oleh Martin Goodman, perusahaan ini berdiri dengan nama Timely Publications, lalu berubah nama menjadi Atlas Comics hingga akhirnya kembali ke topik awal dengan nama Marvel Comics di tahun 1961.

Lusinan film dari Marvel Comics, yang hampir semua pemeran utamanya ciptaannya mulai diproduksi pada dekade pertama abad ke 21. Dan hampir dalam sebagian film tersebut Stan Lee mengambil peran sebagai cameo dalam film Marvel. Seperti pada film Spider-Man (2002), kemudian film Deadpool (2016), flm Black Panther (2018) dan berbagai film dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Stan Lee ditemani oleh keempat rekannya yang ikut mengembangan Marvel Comics, seperti Jack Kirby, Steve Ditko, Larry Lieber, Bill Everett, dan Dick Ayers. Superhero pertamanya saat Marvel Comics berdiri adalah Fantastic Four. Kemudian diikutin dengan Hulk, Iron Man, Thor, Spider-Man, X-Men, Doctor Strange, dan sebagainya.

Baca Juga  Cerita Sukses Johnny Andrean Membangun Kerajaan Bisnis

Selain itu, Stan Lee juga memiliki ciri khas tersendiri dalan setiap karya pahlawan supernya. Seperti ia menciptakan sosok pahlawan super yang dapat terluka seperti manusia biasa. Ia juga ikut membantu dalam menciptakan komik superhero kulit hitam pertama yaitu karakter Black Panther.

Artikel Terkait