Sri Mulyani, Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

 Sri Mulyani, Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

kitapastibisa.id – Sri Mulyani, Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia – kinibisa.com

Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D (lahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962; umur 57 tahun) adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga dia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Ia pun mulai menjabat lagi sejak 27 Juli 2016. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Ketika ia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia maka ia pun meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan saat itu. Sebelum menjadi menteri keuangan, dia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelumnya, dia dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998.

Baca Juga: Sulianti Saroso Dokter Perempuan Pada Zaman Kemerdekaan

Prestasi Menteri Keuangan Indonesia

Sri Mulyani yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia masuk ke dalam daftar The World’s 100 Most Powerful Women 2019 Versi Majalah Forbes. Dia menjadi satu-satunya perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat ini memasukkan Sri Mulyani dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia 2019. Karena kiprahnya yang dapat dalam menambah penerimaan negara melalui reformasi pajak. Cara yang ditempuh wanita yang menjabat sebagai Menteri Keuangan semenjak Kabinet Indonesia Kerja ini adalah dengan pelaporan surat pemberitahuan pajak (SPT Pajak) secara online melalui e-filling dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Selain itu dikutip dari tempo.co, Sri Mulyani juga menggunakan platformnya untuk mempromosikan gender equality atau kesetaraan gender saat ia menjabat sebagai Dierktur Pelaksana di Bank Dunia.

Baca Juga  Lila Imeldasari dan Kecintaannya Terhadap Kain Tradisional

Sosok Sri Mulyani adalah salah satu Srikandi Indonesia yang kerap meraih prestasi atas kinerjanya. Pengakuan yang diterimanya mulai dari level dalam negeri hingga di tingkat internasional. Wanita kelahiran Tanjung Karang, Lampung 58 tahun yang lalu ini pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana di Bank Dunia pada tahun 2010 hingga 2016. Yang mana saat itu Sri Mulyani merupakan wanita pertama dan orang Asia pertama yang pernah menduduki jabatan tersebut. Selain itu, dia juga pernah menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik pada World Government Summit 2018. Penghargaan tersebut diberikan atas usahanya mendorong sejumlah reformasi di Indonesia.

Sri Mulyani telah beberapa kali masuk dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, tahun 2019 ia menempati peringkat 76. Sebelumnya, yakni tahun 2018 Sri Mulyani juga merupakan salah satu perempuan dalam daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah Forbes dengan menempati peringkat 78.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *