Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer

 Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer

Kitapastibisa.id – Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer – Detik

Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer – “Angka itu hidup: dia bukanlah sekadar simbol di atas kertas.” Shakuntala Devi, Manusia Komputer

Seorang jenius matematika yang selesai menempuh pendidikannya di perguruan tinggi merupakan hal yang lazim. Mereka mengenyam berbagai ilmu dari guru yang tepat, serta fasilitas yang memadai untuk belajar. Namun, terdapat orang yang memiliki kemampuan tersebut, bahkan tanpa sekolah. Di umurnya yang ke-3 tahun, ia sudah menunjukkan benih sosok jenius angka.

Ialah Shakuntala Devi. Perempuan asal India yang disebut dunia sebagai ‘Manusia Komputer’. Ia mendapat julukan itu setelah menunjukkan kemampuan berhitungnya yang lebih tepat dan cepat ketimbang komputer.

Shakuntala Devi lahir di Benglaru, India, pada tahun 1929. Ia bukan anak dari keluarga yang berada. Ayahnya bekerja sebagai di sirkus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Shakuntala bahkan tidak bisa sekolah karena penghasilan ayahnya yang tidak menentu. Namun di balik kehidupannya, tersemat bakat luar biasa dalam diri Shakuntala.

Saat berumur tiga tahun, Shakuntala menunjukkan bakatnya. Ia memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. Ia dapat menghafal urutan kartu hingga memprediksi langkah selanjutnya dalam permainan tersebut. Melihat hal tersebut, ayahnya lantas terkejut. Ia kemudian kerap membawanya ke jalan untuk pertunjukan kartu.

Baca Juga  Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji

Tak hanya itu, Shakuntala kerap diberikan soal matematika yang rumit oleh ayahnya. Hanya dalam hitungan detik persoalan itu selesai. Perlu diingat, Shakuntala tidak pernah mendapat pendidikan formal.

Bakat tersebut kemudian dipresentasikan di perguruan tinggi. Saat berumur 6 tahun ia menempuh pendidikan di Universitas Mysore.

Baca Juga: Islam dan Kohesi Masyarakat Dunia

Keliling Dunia dengan Matematika

Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer
Kitapastibisa.id – Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer – neonorisme

Bakatnya membawa ia dan keluarganya keliling dunia. Pada tahun 1944 ia pindah ke London bersama ayahnya. Beberapa perguruan tinggi di London menjadi panggung Shakuntala untuk menunjukkan talentanya. Atas pertunjukannya, ia menjadi sorotan media Inggris.

Pada tahun 1950, ketenarannya diuji. Pembawa acara media BCC terkenal, Leslie Mitchell memberikan soal yang begitu sulit pada Shakuntala. Dalam hitungan detik, ia mampu menjawab soal itu. Namun, jawabannya salah. Hal ini justru membuatnya semakin tenar.

Setelah pihak berwenang melakukan penghitungan ulang pada jawaban Shakuntala, mereka terkejut. Jawaban asli dari pertanyaan tersebut salah dan Shakuntala benar. Kabar ini tersebar hingga seluruh dunia. Shakuntala pun semakin terkenal. Kisah itu membawanya pada julukan ‘Human Computer’ atau manusia komputer.

Baca Juga  Cinta Itu Dipupuk, Bukan Hadir Tanpa Usaha

Tahun-tahun setelahnya, banyak pihak yang menguji kejeniusan Shakuntala. Berbagai pertanyaan matematika yang lazimnya diserahkan kepada komputer bisa diselesaikan Shakuntala dalam hitungan detik. Salah satu soalnya adalah perkalian 7,686,369,774,870 dengan 2,465,099,745,779. Ia memberikan jawaban yang tepat hanya dalam waktu 28 detik tanpa alat bantu hitung, yakni 18,947,668,177,995,426,462,773,730.

Selain menjadi ahli matematika, Shakuntala juga seorang penulis terkenal. Ia menulis dalam berbagai jenis genre seperti buku anak, sains, astrologi dan lainnya. Tahun 2013 adalah akhir dari kisah sang jenius matematika ini. Di umurnya yang 83 ia meninggal karena menderita masalah pernafasan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *