Sepatu Ratu Marie Antoinette Dilelang dengan Harga Fantastik

 Sepatu Ratu Marie Antoinette Dilelang dengan Harga Fantastik

Kitapastibisa.id – Sepatu Ratu Marie Antoinette Dilelang dengan Harga Fantastik – indeksnews

Sepatu Ratu Marie Antoinette Dilelang dengan Harga Fantastik – Marie Antoinette atau Maria Antonia Josepha Joanna von Österreich-Lothringen adalah Ratu Prancis terakhir sebelum revolusi Prancis. Belum lama ini dikabarkan sepatu lama milik sang ratu telah dilelang seharga Rp 730 juta. Acara lelang tersebut bertajuk The Royalty of Versailles digagas oleh Osenat Auction House di Versailles sebelah barat Paris.

Sepatu yang ikonik itu dibuat dari kulit kambing dan sutra dengan sol kulit disertai empat pita lipit yang saling tumpang tindih. Memiliki ukuran 22,5 cm atau 36 untuk Eropa tersebut juga berhiaskan pita dan ukiran nama ratu Marie Antoinette dibagian tumitnya. Meski sudah terlihat usang ternyata masih ada yang mau membeli dengan harga tinggi.

Keluarga mendiang sudah merawat sepatu itu selama beberapa generasi atau sekitar 227 tahun setelah proses eksekusinya. Diketahui bahwa Marie dijatuhi hukuman mati pada 16 Oktober 1793. Dia diseret ke pengadilan dengan tuduhan melakukan pengkhianatan dan pencurian ditambah tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap putranya sendiri.

Baca Juga  Wanita Suku Himba, Menjadi Primadona Se-Afrika

Selain sepatu ternyata terdapat pula beberapa item perhiasan Marie juga dilelang dua tahun lalu dan terjual puluhan juta dolar. Sebuah kalung yang terdiri dari 331 mutiara dan berlian alami, harganya diperkirakan 200 ribu-300 ribu dolar AS. Cincin berlian 2,44 karat yang ditawarkan kepada Duchess Marie-Anne dari Austria oleh Kaisar Franz Joseph, diperkirakan 120 ribu-180 ribu dolar AS.

Baca Juga: Nilai Filosofis Di Balik Batik Truntum

Ketahui Beberapa Kontroversi dari “Madame Deficit”

Marie Antoinette merupakan anak ke-15 dari pasangan Maria Theresa dari Austria dan Francis I, Kaisar Romawi Suci. Marie lahir pada tanggal 2 November 1755 di Istana Hofburg, Vienna, Austria. Pada awal 1780 beredar gosip bahwa Marie Antoinette memiliki hubungan gelap dengan seorang diplomat Swedia Count Axel von Fersen.

Tidak hanya itu pada 1785, sebuah skandal kalung berlian menghancurkan reputasinya sebagai Ratu Perancis. Seorang pencuri yang menyamar sebagai Marie berhasil menggondol kalung yang dihiasi 647 butir berlian itu dan menyelundupkan dan menjual kalung itu di sana. Meski tak bersalah atau terlibat dalam peristiwa itu, rakyat tetap menganggapnya bertanggung jawab atas skandal tersebut.

Baca Juga  Film Lama Yang Masih Layak Untuk Ditonton

Pada tahun 1789, rakyat menyerang kerajaan dan menuntut Marie dan suaminya Louis XVI agar dipenjara. Kejadian tersebut telah merenggut banyak korban. Keluarga kerajaan yang tidak berhasil melarikan diri akhirnya ditangkap dan diadili. Pada tahun 1793 keduanya dieksekusi dengan guillotine.

Walaupun Marie menjalani kehidupan yang rumit sebagai seorang bangsawan, ia selalu berani menghadapi setiap persoalan yang ada di depan mata. Marie selalu menunjukkan orisinalitasnya melalui kesederhanaan dalam berpakaian. Kala itu, semua bangsawan Perancis memakai baju mewah yang seringkali dilengkapi oleh bulu sebagai lambang kemakmuran. Namun, tidak untuk Marie.

Artikel Terkait