Sepatu Olahraga Sesuai Jenisnya

 Sepatu Olahraga Sesuai Jenisnya

kitapastibisa.id – Sepatu Olahraga Sesuai Jenisnya

Sepatu Olahraga Sesuai Jenisnya – Beda olahraganya maka berbeda pula sepatu yang akan digunakan. Sepatu olahraga telah dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kondisi dan keadaan yang akan dihadapi pemakainya di lapangan. Menyesuaikan dengan berat atau ringannya tekanan atau frekuensi suatu olahraga, maka pembuatan sepatunya pun disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang akan dihadapi. Supaya terhindar dari kecelakaan, sebaiknya mulai mengenal jenis sepatu olahraga yang sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Peran Srikandi Indonesia Dalam Kemerdekaan

  1. Sepak Bola

Sepatu yang memiliki paku-paku tumpul di solnya agar kaki tidak menjadi selip saat bermain di rumput yang licin. Sol sepatu juga terkesan lebih tipin jika dibandingkan dengan sepatu olahraga lainnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan pemain agar bisa menendang dengan presisi yang lebih tepat. Bahan dasar sepatu yang berasal dari kulit juga berguna untuk mengurangi gesekan antara kulit sepatu dengan kulit bola, baik saat menendang ataupun saat sedang menggiring bola.

  1. Basket

Sepatu untuk olahraga Basket haruslah mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi, karena dalam bermain basket banyak melibatkan berbagai gerakan, misalnya saja gerakan ke depan-belakang, ke kiri-kanan, lompat dan loncat, serta berputar. Untuk Bahannya pun sepatu basket haruslah memiliki bahan yang lebih berat dan terkesan kaku yang dimaksudkan agar kaki tidak mudah selip. Sol sepatu yang keras dan lebar, serta leher sepatu didesain lebih tinggi diatas pergelangan kaki guna menjaga kestabilan.

  1. Lari

Sepatu cenderung ringan karena digunakan untuk olahraga berdurasi lama. Berbahan dasar nilon yang ringan dan mudah menyerap keringat serta lebih cepat kering, dan memiliki pori-pori yang mencegah kaki tidak menjadi lembab. Bagian tumit sepatu cukup kuat untuk menjaga kestabilan kaki, dan bagian depan lebih lentur sehingga memudahkan gerakan jari kaki. Solnya lunak berfungsi sebagai peredam gaya saat berlari untuk menumpu berat badan.

  1. Tenis dan Bulu Tangkis

Memiliki penopang kaki yang fleksibel untuk pergerakan melebar ke samping, cengkeraman untuk pergerakan multi tujuan, dan pendukung untuk mata kaki. Sepatu ini berprofil rendah agar kontaknya baik dengan permukaan lapangan. Bagian depan dan belakang memiliki bantalan untuk permukaan lapangan yang berbeda-beda. Terdapat bantalan karet pada solnya, lebih ringan, dan memiliki atasan yang lebih tebal.

  1. Bola Voli

Sepatu untuk olahraga bola voli ini memiliki ciri sol karetnya yang dapat memberikan cengkeraman kuat lebih dari sepatu lari biasa. Sepatu voli didesain untuk pergerakan sisi ke sisi yang memungkinkan seorang pemain untuk bereaksi lebih cepat. Di bagian depan sepatu biasanya terdapat lapisan yang membantu untuk menyerap guncangan ketika meloncat dan mendarat.

  1. Hiking

Sepatu didesain untuk melindungi kaki dan pergelangan kaki selama kegiatan berjalan di luar ruangan. Kualitas dan keawetannya dapat membantu memastikan para pendaki mampu untuk berjalan jauh tanpa cedera. Sepatu ini didesain untuk membuat nyaman kaki meskipun melewati medan yang cukup jauh.

  1. Fitnes atau Yoga

Merupakan sepatu olahraga yang diklaim paling ringan diantara sepatu-sepatu olahraga lain. dibuat lebih ringan karena olahraga ini tidak membutuhkan banyak gerakan namun cenderung untuk fokus pada pembentukan dan pelenturan otot. Solnya lebih lunak dan lentur agar dapat seimbang menopang tubuh ketika melakukan gerakan yang rumit atau ketika mengangkat beban.

  1. Climbing

Didesain untuk memanjat dinding batu. Sepatu jenis ini bentuknya sangat pas di kaki dan biasanya memiliki atasan terbuat dari kulit dan bahan lain seperti kain atau kulit sintetis. Solnya yang terbuat dari karet didesain khusus untuk memanjat tebing atau dinding batu.

Baca Juga  Busana Berbahan Latex Kembali Tren di Paris Fashion Week

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *