Seniman Maluku Bikin Lagu untuk Pahlawan Corona

 Seniman Maluku Bikin Lagu untuk Pahlawan Corona

kitapastibisa.id – Seniman Maluku Bikin Lagu untuk Pahlawan Corona – Maluku Post

Seniman Maluku Bikin Lagu untuk Pahlawan Corona – Pandemi virus Corona (COVID-19) yang mendunia membuat sejumlah pihak ikut berpartisipasi baik lewat aksi sosial maupun seni, sebagai rasa simpati dan upaya pencegahannya. Kejadian ini membuat banyak pihak memiliki kecemasan dan kekhawatiran yang sama yakni pandemic yang semakin meluas ke berbagai negara.

Di Maluku, aksi serupa juga dilakukan seniman asal seribu pulau ini. Mereka menaruh simpati dan apresiasi terhadap sejumlah tokoh di garis depan dalam menangani virus corona hingga harus mengobarkan nyawa.

Inilah yang dilakukan jurnalis yang juga penyair asal Maluku Rudi Fofid dan musisi raggae Rio Efruan. Keduanya terpanggil membuat karya musik bagi orang-orang yang bekerja keras di garis depan demi menyelamatkan nyawa manusia akibat pandemi virus Corona.

Baca Juga: Kusbini, Seniman Keroncong Pencipta Lagu “Bagimu Negeri”

Persembahan Spesial untuk Tenaga Medis

Rudi Fofid kepada beritabeta.com di Ambon (29/03/2020) mengatakan, karya yang dihasilkan bersama Rio Efruan, mereka persembahkan bagi semua pihak, terutama para dokter yang gugur dalam tugas karena mereka berada di ujung tombak.

“Kalau ini adalah perang, merekalah pasukan di garis depan. Hanya ada dua pilihan, mati atau menang,” ungkap Rudi.

Menurut Rudi, karya yang mereka hasilnya tak lepas dari rasa kepedulian mereka terhadap kondisi yang terjadi di luar negeri maupun dalam negeri. Korban dari kalangan pekerja kemanusiaan tidak terhitung. Di Indonesia sejumlah dokter juga gugur karena terserang virus corona. Seabagi seniman tentu banyak hal yang ingin mereka utarakan dengan cara dan kreativitasnya sendiri.

Misalnya, kata dia, ada nama perempuan Maluku yakni Dokter Exenveny Lalopua, yang juga gugur dalam tugas.

Lagu yang diberi judul “Pahlawan di Garis Corona”, liriknya ditulis penyair Rudi Fofid, sedangkan aransimen musiknya digarap Rio Efruan.  Rio pula yang bertindak sebagai vokalis untuk lagu tersebut.

Sebelum ini, Rudi dan Rio beberapa kali bekerja sama untuk aksi sosial.  Saat Gempa melanda Maluku dan ribuan orang mengungsi, keduanya membuat lagu “Memori Gempa”.

Baca Juga  Li Ziqi Gadis Desa dengan Penghasilan Fantastik

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *