Sedihmu Yang Akan Hapuskan Dosamu

 Sedihmu Yang Akan Hapuskan Dosamu

Kitapastibisa.id – Sedihmu Yang Akan Hapuskan Dosamu – Humairoh

Sedihmu Yang Akan Hapuskan Dosamu – Sedih merupakan hal yang lazim dirasakan setiap orang. Meski merupakan hal yang wajar, tak sedikit dari mereka yang bahkan takut akan perasaan tersebut. Islam punya pandangan tersendiri dalam menghadapi kesedihan.

Kesedihan dan cobaan merupakan hal yang pasti. Hal itu didatangkan kepada umat manusia dalam beberapa sebab. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Wahai manusia, Kami akan menguji kalian dengan kesempitan dan kenikmatan, untuk menguji iman kalian. Dan hanya kepada Kami-lah kalian akan kembali” (QS. Al-Anbiya: 35).

Ujian berupa kesedihan dan sedikit rasa takut merupakan bentuk kasih sayang Allah azza wa jalla. Sedih boleh jadi merupakan pertanda bahwa Allah ingin lebih dekat dengan hamba-Nya. Ikrimah rahimahullah pernah mengatakan,

“Setiap insan pasti pernah merasakan suka dan duka. Oleh karena itu, jadikanlah sukamu adalah syukur dan dukamu adalah sabar.”

Tanpa ujian, kita boleh jadi tak pernah paham rasa bersyukur dan bersabar.

Baca Juga: 6 Perbuatan Baik Yang Mengantarkan Pada Surga

Baca Juga  Wisko Pralistra, Anak Sopir Truk Terpilih Jadi Paskibraka Nasional

Di Balik Rasa Sedihmu Tersimpan Nikmat yang Allah Berikan

Kiat Dalam Menahan Amarah Ala Islam
Kitapastibisa.id – Sedihmu Yang Akan Hapuskan Dosamu – Detik

Bagaimana perasaan Anda ketika ada sesosok manusia yang selalu ada kala Anda bersedih? Atau, bagaimana perasaan Anda jika sedih itu membawa Anda lebih dekat dengan cita-cita dan Impian Anda? Akankah Anda merasa bahagia?

Seluruh hal tersebut akan dirasakan oleh seorang muslim. Kesedihan merupakan cara Allah menghapus dosa dan kesalahan yang pernah ia buat. Hal itu menjadi bukti kasih sayang Allah kepada hamba-Nya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apa saja yang menimpa seseorang Muslim seperti rasa letih, sedih, sakit, gelisah, sampai duri yang menusuknya, melainkan Allâh akan menghapuskan kesalahan-kesalahannya dengan sebab itu semua”. [Muttafaqun ‘alaihi]

Begitulah cara Allah subhanahu wa ta’ala mencintai hamba-Nya. Begitu besar kasih sayang Allah kepada hamba-Nya hingga memberikan ampunan dosa dalam kesedihan manusia.

Selain itu, Islam menginginkan umatnya agar berbahagia. Maka, janganlah takut dan janganlah bersedih. Allah bersama hamba-nya yang sabar. Firman Allah ta’ala,

“Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita” (QS. At-Taubah: 40).

Baca Juga  Tips Menjaga Kamera Tetap Awet dan Berfungsi Baik

Artikel Terkait