Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung

 Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung

Kitapastibisa.id – Seblak, Jajanan Khas Kota Bandung – Brilio

Seblak Jajanan Khas Kota Bandung – Pasti kita sudah tak asing lagi dengan penganan yang bernama Seblak. Cemilan dengan cita rasa pedas dan aroma kencur yang kuat itu memang cukup populer akhir-akhir ini. Makanan yang berbahan dasar kerupuk basah yang diberi aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, kunyit, dan penyedap rasa. Cita rasanya yang gurih dan pedas, serta bertekstur kenyal membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. Apalagi perpaduan aroma dan rasa kencurnya yang tajam membuatmakan ini punya rasa yang khas dan selalu diminati penggemarnya.

Seblak yang dikenal sebagai camilan khas dari Bandung ini sekarang telah merambah ke berbagai daerah lain di luar Jawa Barat. Camilan ini sering dijajakan pedagang keliling dan tergolong street food. Orang beranggapan bahwa seblak merupakan kerupuk kuning yang dimasak dengan cita rasa pedas. Padahal, seblak merupakan nama bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda. Sementara inti dari makanan ini bukanlah kerupuknya yang kenyal, melainkan bumbu-bumbu khasnya itu. Apalagi sekarang makanan ini juga diberi tambahan bahan seperti hidangan laut, sosis, bakso, sayuran, hingga sosis dan telur. Selain itu, ada pula variasi bahan tambahkan lain yang ditaruh di atasnya, yakni tahu, somay, ceker, pangsit, dan makaroni.

Baca Juga  Mie Lethek Khas Bantul yang Masih Eksis Hingga Kini

Baca Juga: Tips Menjaga Ruangan Tetap Harum

Sejarah Munculnya Seblak

Seblak sebenarnya mirip dengan makanan dari daerah Sumpiuh sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hal tersebut dilatarbelakangi karena kemiripannya dengan camilan rakyat bernama Krupuk Godog. Dimana makanan itu populer dikalangan masyarakat sejak tahun 1940-an. Sementara itu, ada juga yang menyebutkan bahwa makan ini berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Yang mana makanan itu sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan RI.

Seblak yang mulai kembali populer pada 2000an, sebenarnya juga merupakan satu cara untuk memanfaatkan sisa kerupuk yang tidak digoreng atau dimakan. Sehingga diharapkan dengan memasaknya bersama bumbu lain dan teknik yang berbeda, kerupuk tadi memiliki rasa yang lebih nikmat. Seblak pun juga terdiri dari dua jenis, yakni seblak basah dan seblak kering.  Camilan ini kini menjadi makanan yang banyak penggemarnya, khususnya bagi kawula muda. Dengan tekstur kenyal, makanan ini sangat nikmat disantap saat masih panas dengan cita rasa pedas. Cara membuatnya pun tidak sulit. Hanya perlu mengolah bawang merah, bawang putih, serta kencur dihancurkan menjadi satu. Kemudian ditumis dengan beragam toping, diberi air dan cabai. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang suka memasak makanan yang satu ini, bahkan tidak jarang ada juga yang dipakai untuk bisnis kuliner.

Baca Juga  Sagu Bentuk Ketahanan Pangan Dan Kearifan Lokal

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *