Saus Tiram, Bumbu Masak Serba Guna

 Saus Tiram, Bumbu Masak Serba Guna

kitapastibisa.id – Saus Tiram, Bumbu Masak Serba Guna – Media Pangandaran

Saus Tiram pasti sudah akrab bagi kamu yang gemar memasak di dapur. Saus serba guna ini sering kali digunakan untuk menumis berbagai jenis makanan, ataupun sebagai bumbu pelengkap. Warnanya yang hitam dan bertekstur kental dengan aroma yang khas membuatnya menjadi bumbu andalan dalam setiap masakan.

Saus tiram dikenal terbuat dari tiram yang memiliki potongan tiram dalam bentuk yang kecil-kecil. Kemudian dimasak sampai mengental tanpa tambahan garam, penyedap rasa ataupun pengawet. Tekturnya dikenal kental dengan warna hitam pekat serta memiliki perpaduan rasa yang manis dan asin. Rasa ini berasal dari garam pada tiram sedangkan manisnya berasal dari karamelisasi gula. Perpaduan rasa asin dan manis, menciptakan rasa umami yang kuat pada saus tiram. Meskipun terbuat dari ekstrak tiram asli, saus ini tidak memiliki rasa yang amis.

Saus tiram memiliki berbagai macam versi. Seperti dari campuran soy sauce dengan cornstarch. Ada juga yang berbahan dasar jamur yang dibuat khusus untuk para vegetarian. Biasanya saus ini sering digunakan pada cap cay, tumis kailan, fuyunghai bahkan mie goreng dan nasi goreng. Saus tiram juga kerap digunakan sebagai bahan untuk bumbu perendam pada barbeque. Dimana penggunaannya langsung sebagai saus sendiri sebagai cocolan. Ataupun ditambahkan ke saus lain yang dicampurkan ke dalam resep masakan dengan aneka bumbu masakan.

Baca Juga  Mengenal Makanan Pokok di Indonesia

Saus tiram dikenal mempunyai banyak nutrisi di dalamnya. Dalam satu sendoknya saja terkandung sembilan kalori, dan 492 miligram natrium. Saus ini juga dikenal bebas kolesterol dan lemak. Serta mengandung omega tiga, kalsium, kalium dan zat besi. Namun sayangnya dalam saus tiram tidak mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan serat.

Baca Juga: Film Thailand yang Membuatmu Tertawa dan Menangis Bersamaan

Asal Usul Munculnya Saus Tiram

Saus tiram diketahui berasal dari Cina, yang dikenal dengan sebutan hao you. Dimana ditempat asalnya saus ini terbuat dari tiram asli ini memiliki campuran rasa unik, yaitu gurih dan asin. Saus tiram diketahui sudah ada sejak tahun 1888 yang ditemukan oleh Lee Kum Sheung di Nanshui, Zhuhai, Guangdong, Tiongkok secara tidak sengaja.

Lee menemukannya saat membuka kedai teh yang menjual tiram rebus. Pada saat memasak tiram, ia lupa waktu dan membiarkan tiram tersebut direbus lebih lama. Namun ia menemukan sup tiram yang berbeda, dimana yang biasanya bening, berubah menjadi saus dengan tekstur tebal dan berwarna hitam. Dengan rasa yang sangat enak serta digemari di pasar lokal. Hal itulah yang mendorong Lee mendirikan sebuah perusahaan bernama Lee Kum Kee untuk mempromosikan saus tersebut. Hingga saat ini, kita masih bisa menemukan saus tiram buatan Lee Kum Kee di pasaran.

Baca Juga  Tips Menemukan Pola Sarapan yang Baik Bagi Tubuh

Awalnya konsumsi saus tiram tidak digunakan oleh masyarakat sembarangan. Karena harga tiram asli yang sangatlah mahal. Oleh karena itu, saus tiram yang dijual di pasaran umumnya terbuat dari kaldu tiram. Kaldu tiram ini dibuat hingga teksturnya encer, kemudian ditambahkan zat pengental agar teksturnya menjadi pekat dan kental.

Artikel Terkait