Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda

 Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda

Kitapastibisa.id – Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda – Kumparan

Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda – Kuliner nusantara memang sungguh sangat beragam. Berbagai masakan maupun makanan setiap daerah memiliki cita rasa dan keunikan yang berbeda. Bahkan kita mungkin tidak akan pernah dapat mendefinisikan makanan nusantara karena keberagaman yang sangat luas.

Salah satunya adalah cerita tentang sambal. Menu wajib di seluruh nusantara ini merupakan salah satu andalan dan bagian yang tak terpisahkan dari budaya santap nusantara. Beda bahan, beda pengolahan, beda bahan baku, bahkan beda racikan tangan pun sudah menjadi sesuatu yang berbeda.

Siapa yang tak kenal kenikmatan “Sambal Bu Rudy”. Produk ini bahkan sudah menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari kota Surabaya. Sambal Bu Rudy dikenal enak karena merupakan olahan sambal yang diproduksi secara rumahan dan oleh Nyonya Lany Siswadi (64), nama asli Bu Rudy.

Baca Juga: Menyesap Cita Rasa Kopi Indonesia di Klinik Kopi

Memulai usahanya secara tak sengaja

Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda
Kitapastibisa.id – Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda – Shopee

Perempuan kelahiran 10 Oktober 1953 memulai usahanya secara tak sengaja. Hal itu terjadi saat suaminya, Rudy Siswadi, pulang membawa ikan dan udang hasil memancing. Dia kemudian memasaknya ditambah sambal yang dia buat dan mengajak rekannya untuk bersantap bersama. Respon dari teman-temannya sangatlah positif. Hal inilah yang kemudian mendorongnya untuk terjun dan tekun ada di bisnis ini.

Baca Juga  Tirto Adhi Soerjo, Mengenal Sosok Bapak Pers Indonesia

Sambal Bu Rudy digemari karena menjadi hidangan pelengkap makan. Setiap harinya, bisa menghabiskan 100-200 kilogram cabai dan 500 kilogram udang sebagai bahan membuat sambal. Bu Rudy bisa ludes sebanyak 1.500 botol dengan harga Rp 26 ribu per botolnya, dalam satu bulan omzetnya saja bisa mencapai Rp 1,1 miliar.  Karyawannya, kini ada puluhan orang. Penggemarnya pun muncul dari berbagai macam kalangan, bukan hanya sekadar orang biasa, tetapi juga pejabat dan deretan mantan presiden negara ini juga turut menjadi penggemar dan penikmatnya.

Kini ia juga sukses mengembangkan bisnis kulinernya dan kini berkembang ke aneka produk kuliner siap konsumsi. Udang Special Khas Bu Rudy berupa olahan udang yang digoreng garing dan diberi bumbu dan dikemas dalam toples plastik adalah salah satu produk lain selain sambal. Menurut dia, jika ingin mulai usaha, maka semua harus dijalani dengan tekun.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *