Rumput Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

 Rumput Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kitapastibisa.id – Rumput Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Okezone

Rumput laut sejak 300 tahun sebelum Masehi telah populer dikonsumsi masyarakat sebagai makanan sehari-hari serta obat-obatan berbagai penyakit bagi Masyarakat Asia Timur. Kebudayaan Romawi juga sudah memanfaatkannya untuk mengobati luka dan ruam kulit. Selama berabad-abad, rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan dan makanan karena kandungan gizinya.

Ada beragam jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi baik saat masih segar, dikeringkan, dimasak, hingga diolah menjadi suplemen bubuk. Seperti Nori, Sea lettuce, Kelp, Kombu, Arame, Wakame, Dulse, Chlorella, Agar-agar, karagenan hingga Spirulina. Selain dikenal rendah kalori, makanan ini kaya serat dan mengandung beragam nutrisi. Seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, tembaga dan juga mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, kolin serta antioksidan.

Baca Juga: Keroncong, Musik Legendaris Dari Abad Ke-16

Beragam manfaat Rumput Laut untuk kesehatan:

  1. Mencegah efek negatif radikal bebas

Bermanfaat mencegah kerusakan sel-sel tubuh, karena kandungan antioksidan flavonoid, dan karotenoid yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B12, B6, C, copper, zinc, riboflavi, magnesium, thiacin, niacin serta antioksidan didalamnya juga bermanfaat bagi regenerasi sel tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mempunyai efek baik untuk kesehatan jantung karena mengandung omega-3 asam lemak yang mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL, mengurangi kolesterol jahat atau LDL, serta mencegah pembekuan darah. Sehingga dapat mencegah penyumbatan arteri, memperlancar peredaran darah dan menjaga jantung tetap sehat.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Memiliki kandungan kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang dan gigimu. Rumput laut diketahui memiliki kandungan 60 mg kalsium, atau setara dengan 6 persen dari kebutuhan kalsium harian rata-rata. Rumput laut juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan di dalam mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

  1. Meningkatkan fungsi kelenjar Tiroid

Kandungan yodium yang terdapat pada rumput laut, ternyata bisa menjaga kelenjar tiroid tetap sehat. Sebab kelenjar tiroid yang bermasalah bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Tiroid mempunyai peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh, asupan yodium dari mengonsumsi rumput laut atau garam beryodium dapat meningkatkan fungsi tiroid.

  1. Mencegah resiko kanker tertentu

Diketahui dapat mengatur kadar estrogen di dalam tubuh untun mengurangi risiko terkena kanker payudara. Kandungan glikoprotein dan polisakarida sulfat pada rumput laut, juga dapat merangsang kekebalan tubuh melawan sel-sel kanker. Serat larut yang didalamnya seperti prebiotik dapat mengurangi risiko infeksi bakteri berbahaya dan juga dipercaya membantu menekan perkembangan kanker usus besar.

  1. Mencegah anemia

Memiliki kandungan zat besi yang bisa mencegah anemia. Karena zat besi memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semangkuk kecil rumput laut mampu memberikan 0,8 mg zat besi. Setiap harinya pria membutuhkan 8 mg zat besi, dan wanita membutuhkan 18 mg zat besi untuk menunjang aktivitas harian.

  1. Menstabilkan gula darah

Senyawa fucoxantin dan alginat di dalamnya diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah. Serta kandungan serat dan fucoidannya dapat meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak. Selain itu diyakini dapat mengatur hormon leptin, mengurangi rasa lapar, serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *