Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan

 Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan

Kitapastibisa.id – Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan – Tokomesin

Bagel adalah salah satu jenis roti yang dibuat dari adonan tepung terigu dan ragi yang direbus di dalam air sebelum dipanggang. Roti ini memiliki berbentuk seperti cincin seukuran telapak tangan. Bagian dalam mempunyai tekstur yang padat dan kenyal dengan bagian luar berwarna coklat muda, keras dan garing.

Roti Bagel sangat digemari masyarakat kota New York. Bagel sendiri menjadi santapan yang praktis dan nikmat di pagi hari, pasalnya roti ini bisa menjadi sandwich yang cukup mengenyangkan banyak orang sambil berjalan kaki ke tempat tujuan.

Roti obwarzanek ini adalah nenek moyang bagel yang lahir di Polandia. Sekilas yang membedakan obswarzanek dengan bagel adalah tekstur luar dari roti tersebut. Roti ini ditemukan pada tahun 1496. Pasalnya roti ini melambangkan kebebasan orang Yahudi untuk membuat roti.

Hal ini diutarakan atas Raja Jan Sobieski pada saat itu. Obwarzanek ini memiliki arti kata rebus, dimana proses pembuatan bagel juga merebus adonan sebelum memasukan adonan ke dalam oven.

Baca Juga  Menikmati Minuman Ala Cafe di Rumah

Baca Juga: Mie Lethek Khas Bantul yang Masih Eksis Hingga Kini

Cara Membuat Roti Bagel Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan
Kitapastibisa.id – Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan – Indopos

Bahan:

500 gr tepung terigu khusus untuk roti, ayak

1 sdm gula pasir

2 sdt ragi instan

350 ml air hangat (suam-suam kuku)

1 sdm minyak sayur

1 1/2 sdt garam

1 1/2 liter air yang didihkan

1/2 sdt soda kue, didihkan

Cara membuat:

Campurkan tepung terigu bersama gula pasir, air hangat, ragi instan dan minyak sayur dalam wadah yang besar. Aduk rata dan kemudian masukkan garam. Aduk lagi sampai rata.

Pindahkan adonan ke atas permukaan datar bertabur tepung. Uleni selama 10 menit hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Kembalikan ke dalam wadah, tutup dengan plastik lengket dan diamkan selama 20 menit. Jika dirasa adonan sudah mengembang, sisihkan.

Buka tutup wadah, bagi adonan menjadi 8 bagian, bentuk bulat-bulat. Tusuk bagian tengah di setiap bulatan adonan menggunakan jari, kemudian lebarkan lubang di bagian tengah hingga menyerupai donat. Diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang lalu sisihkan.

Baca Juga  Model Bertubuh Tambun Menghiasi Milan Fashion Week

Rebus setiap adonan bagel di dalam air soda kue yang sudah mendidih, di atas api sedang selama 2 menit di setiap sisinya. Angkat dan tiriskan. Diamkan adonan selama 5 menit hingga mengering.

Letakkan adonan di atas loyang bersemir minyak, beri jarak diantaranya. Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit hingga matang.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *