Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia

 Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia

Kitapastibisa.id – Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia – grid.id

Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia – Masa kanak-kanak merupakan sebuah fase yang pasti akan dilewati oleh setiap manusia. Perkembangan otak pada masa 1000 hari pertama disebut sebagai sebuah fase emas dalam membentuk karakter dan kepribadian anak di kemudian hari. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pendidikan anak sejak dini. Salah satunya melalui cerita atau dongeng.

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral (mendidik), dan juga menghibur. Bukankah pada saat kita masih kecil, kita sangat sering mendengar dongeng dari ibu atau ayah kita sebelum tidur ?

Namun seiring berkembangnya zaman dan lahirnya kecanggihan teknologi yang kini digunakan oleh berbagai kalangan dewasa bahkan hingga anak-anak. Budaya dongeng semakin pudar dan menjadi kegiatan yang sangat mahal untuk didapatkan. Tidak demikian dengan Rona Mentari, seorang juru dongeng berprestasi berusia 26 tahun. Perempuan luar biasa yang  lahir pada 23 September 1992 di Yogyakarta ini menaruh minat bahkan mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang “juru dongeng keliling” untuk menuturkan ceritanya kepada banyak anak-anak di berbagai daerah.

Baca Juga  Bus Karya Anak Bangsa Siap Ekspor ke Bangladesh

Baca Juga: Mengunjungi Kebun Buah Naga di Kaki Gunung Merapi

Sudah menyukai dongeng sejak di bangku TK

Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia
Kitapastibisa.id – Rona Mentari, Juru Dongeng yang Mendunia – Kabar Kampus

Rona menyukai dongeng sejak duduk di bangku TK. Ia dulu merupakan sosok yang pemalu dan minder. Melalui dongeng,  ia pun belajar untuk menjadi sosok yang lebih percaya diri. Ia sering mengulang dongeng yang ia dengar dan menceritakan kembali di Rumah kepada ibunya. Passion yang kuat mengantarnya menekuni dongeng secara profesional.

Tahun 2018 Rona mendapat kesempatan belajar secara mendalam selama empat bulan dengan 18 juru dongeng dunia diseluruh dunia dengan latar belakang yang berbeda. Ia mendapatkan beasiswa dari International School of Storytelling, England Storyteller.

Ia juga mendirikan Rumah Dongeng Mentari di Yogyakarta dan menghidupkan ekosistem komunitas dengan banyak menggandeng kegiatan bersama anak-anak. Ia sangat antusias bertemu banyak anak-anak dengan latar belakang yang sungguh beragam. Dongeng merupakan sebuah budaya bertutur turun-temurun yang baginya merupakan sebuah budaya yang selayaknya dijaga dan terus dilestarikan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *