Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda

 Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda

Kitapastibisa.id – Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda – facebook/sekolah tani muda

Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda – Pertanian sudah menjadi ciri khas dan kepribadian bangsa Indonesia. Sejak zaman dahulu hingga kini kita masih menggaungkan bagaimana potensi Indonesia dalam sektor pertanian. Namun dalam beberapa dekade terakhir, kita kemudian dihadapkan pada sekumpulan data yang membuat kita patut bercemas diri karena semakin turunnya jumlah petani di Indonesa. Petani yang masih produktif pun usianya sudah di atas 50 tahun, dan tidak terlihatnya semangat kaum muda untuk mau dan bisa terlibat lebih banyak pada era yang semakin maju ini.

Namun agaknya harapan memang patut dan perlu dijaga. Semangat komunitas dan pergerakan sekecil apapun bisa menjadi inspirasi dan menawarkan cerita. Serta kemungkinan yang bisa menjadi bahan kita untuk merenung dan berpikir lebih dalam lagi tentang nasib pertanian bangsa ini.

Baca Juga: Meramu Minuman Imunitas dari Bahan Dapur Rumah

Sekolah Tani Muda

Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda
Kitapastibisa.id – Regenerasi Petani Muda Indonesia Melalui Sekti Muda – facebook/sekolah tani muda

Sekolah Tani Muda atau yang biasa disingkat sekti muda ini adalah salah satu nyala yang memberikan harapan pada pertanian Indonesia bagi kaum muda. Sektimuda lahir sebagai bentuk kepedulian terhadap menurunnya angka regenerasi petani di Indonesia secara umum dan D.I.Y secara khusus. Menurut catatan Serikat Petani Indonesia (2014), berkurangnya jumlah petani di Indonesia sangat mengejutkan, mencapai 5,09 juta  keluarga petani dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Artinya setiap tahun rata-rata terdapat 509 ribu keluarga petani meninggalkan lahan pertanian, atau setiap satu jamnya terdapat 58 keluarga petani.

Baca Juga  Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah

Sekolah Tani Muda adalah sebuah organisasi yang ditujukan untuk menjadi sebuah wadah bagi para pemuda/i dengan berbagai latar belakang, untuk belajar bersama tentang dunia pertanian. Sekti muda sendiri berdiri sekitar awal tahun 2014 dan sampai sekarang (2018) sudah 8 (delapan) angkatan. Sektimuda memfalisitasi program pendidikan untuk para pemuda yang berkeinginan kuat mempelajari dan mendalami pertanian. Kegiatan yang dilakukan tentu saja tidak jauh-jauh dari kegiatan bertani. Seperti mengolah lahan, mengolah tanah, dan sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai pertanian Indonesia yang semakin tergerus.

Sekolah Tani Muda diinisiasi oleh Mubyarto Institute dan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) Universitas Gadjah Mada (UGM), Dewan Pengurus Wilayah (DPW) serta Serikat Petani Indonesia (SPI) juga turut bergabung dalam gerakan ini.

Artikel Terkait