Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh

 Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh

Kitapastibisa.id – Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh – Kompas

Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh – Teh telah menjadi satu minuman yang menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya pada daerah Jawa. Padahal, teh bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Teh kemungkinan berawal di barat daya China selama dinasti Shang sebagai minuman obat. Data terawal yang terekam dalam meminum teh ada pada abad ke-3 Masehi, dalam sebuah teks medis yang tulisan Hua Tuo. Teh pertama kali diperkenalkan ke pendeta dan pedagang Portugis di Cina pada abad ke-16. Meminum teh menjadi populer di Inggris selama abad ke-17. Inggris memperkenalkan produksi dan konsumsi teh ke India dalam rangka menyaingi monopoli teh oleh Cina.

Hal ini membuat seorang Ratna Somantri giat dan tekun untuk mempelajari teh di Indonesia. Sejak kecil, Ratna Somantri telah sangat akrab dengan teh. Perempuan kelahiran 3 November 1978 ini pun membentuk Komunitas Pecinta Teh pada 2007 dan telah memiliki lebih dari 600 anggota. Komunitas ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan wawasan lebih luas tentang teh.

Baca Juga  Ikan Asar Penganan Ambon Yang Sarat Akan Makna

Baca Juga: Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Cara Minum Teh Ala Ratna Somantri 

Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh
Kitapastibisa.id – Ratna Somantri dan Kecintaannya Pada Dunia Teh – Viva

Kebiasaan minum teh yang benar, menurut Ratna juga tidak banyak orang yang mengetahuinya. Masyarakat Indonesia terbiasa meminum teh menggunakan pemanis seperti gula pasir ataupun madu. Padahal, bila dari sejarah minum teh pada negara-negara lain seperti China dan Hong Kong, minum teh seyogyanya tanpa pemanis.

Rasa asli teh yang nikmat, otomatis akan hilang ketika sudah bercampur dengan gula dan madu. Bukan hanya rasa, wangi daun teh yang asli pun akan sukar tercium. Karena itu, saran Ratna mulai sekarang cobalah menikmati teh hangat tanpa gula dan madu. Cukup gunakan air panas dan biarkan wewangian serta rasa teh menebar sensasi kenikmatannya pada indra pengecap dan perasa.

Selain membentuk komunitas, Ratna yang menjabat sebagai Ketua Dewan Teh Indonesia periode 2014-2017 ini hendak mendirikan Tea Institute bagi para pelaku industri teh.

“Ini bisa dijadikan tempat masyarakat awam yang ingin mempelajari teh,” ujarnya.

Baca Juga  Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh

Pengetahuannya yang luas mengenai teh membuat Ratna sering menjadi pembicara pada ajang kuliner ataupun bincang-bincang berbagai media. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan aneka informasi tentang teh mulai dari seluk-beluk teh dari Indonesia hingga cara penyajian dan penyimpanan teh yang benar. Lewat bukunya berjudul Kisah dan Khasiat Teh, Ratna membeberkan segudang manfaat teh bagi tubuh.

Artikel Terkait