Raema Lisa Rumbewas, Putri Papua Berhasil Meraih 3 Medali Olimpiade

 Raema Lisa Rumbewas, Putri Papua Berhasil Meraih 3 Medali Olimpiade

Kitapastibisa.id – Raema Lisa Rumbewas, Putri Papua Berhasil Meraih 3 Medali Olimpiade

Raema Lisa Rumbewas yang akrab dipanggil dengan nama Lisa, merupakan seorang putri papua sekaligus atlet putri angkat besi asal Indonesia. Lahir di Jayapura, 10 September 1980. Lisa lahir dari keluarga atlet. Ayahnya Levi Rumbewas pernah menjadi atlet binaraga terbaik di Indonesia. Sedangkan sang ibu, Ida Korwa juga seorang pengangkat besi. Bisa dibilang bahwa keluarga Rumbewas merupakan perintis angkat besi pertama di Papua.

Raema Lisa Rumbewas sebagai atlet angkat beban asal Papua ini tidak perlu diragukan kualitasnya untuk mewakili Indonesia di Olimpiade Sydney 2000 berhasil membuktikan bahwa usia muda dan minim pengalaman bukan sebuah kendala. Dia berhasil meraih mendali perunggu di kelas 48 kg dengan total 185 kg pada 17 september 2000.

Baca Juga  Ibnu Al-Nadim, Perumus Karya Bibliografi Islam Terbesar

Lisa berhasil membuat bangga Indonesia dengan meraih medali perak pada Olimpiade Athena 2004 dalam kategori angkat besi putri untuk kelas 53 kg, dengan angkatan snatch 95 kg, clean & jerk 115 kg, dan total 210 kg.

Medali perunggu dalam Olimpiade Beijing pun juga berhasil diraihnya. Dengan total beban yang berhasil diangkat oleh Lisa adalah 206 kg. Dengan begitu, Lisa Rumbewas menjadi atlet angkat beban putri Indonesia yang meraih 3 Medali Olimpiade Secara Beruntun. Hal ini tentu membuat bangga Indonesia.

Tidak hanya itu, Raema Lisa Rumbewas juga berhasil meraih medali serupa pada saat SEA Games XXI lalu. Posisi keempat pun berhasil diraihnya pada saat Olimpiade Beijing di kelas 53 kg pada tahun 2008. Lisa yang mengukirkan sejarah manis dalam catatan olahraga angkat besi putri Indonesia menjadi inspirasi bagi atlet angkat besi putri lainnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *