Potensi Desa Ponggok Untuk Kesejahteraan Bersama

 Potensi Desa Ponggok Untuk Kesejahteraan Bersama

Kitapastibisa.id – Potensi Desa Ponggok Untuk Kesejahteraan Bersama – Binadesa

Potensi Desa Untuk Kesejahteraan Bersama – Desa merupakan salah satu denyut nadi nusantara. Keberagaman yang luar biasa dan menjadi wajah serta ikon Indonesia ini dimulai dari sebuah desa. Hal ini karena, sangat mungkin antara satu desa dan desa yang lain, walaupun berada dalam satu provinsi memiliki keunikan dan potensi yang berbeda-beda.

Sebut saja salah satunya adalah desa Ponggok yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Desa Ponggok saat ini telah dikembangkan menjadi desa wisata air, mengingat Desa Ponggok memiliki potensi air yang melimpah. Di Desa Ponggok terdapat beberapa umbul seperti Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, serta Umbul Cokro.

Adanya pengelolaan tempat wisata ini menjadi wahana dan potensi ekonomi baru bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Pada setiap umbul ini dapat dijumpai pemandangan alam yang indah serta air yang jernih, didukung dengan suasana pedesaan yang asri maka sangat sesuai jika desa ini dikembangkan menjadi sebuah desa wisata.

Sebuah tujuan yang sangat menjanjikan bagi para pekerja kota dan berkumpul bersama keluarga ketika khari libur maupun akhir pekan. Di tempat ini pula ada beraneka ikan warna warni dari berbagai jenis ikan hias, belum lagi air kolam nampak jernih eksotis sehingga cocok digunakan sebagai lokasi snorkeling menyenangkan, tak jarang pula pengunjung menjadikannya sebagai lokasi diving bagi pemula.

Baca Juga  Sofyan Adi Cahyono, Petani Organik di Lereng Merbabu

Baca Juga: Sambal Bu Rudy Usaha Rumahan Yang Melegenda

Keunikan Wisata Ponggok

Potensi Desa Ponggok Untuk Kesejahteraan Bersama
Kitapastibisa.id – Potensi Desa Ponggok Untuk Kesejahteraan Bersama – Apkasi

Memang jenis wisata snorkling seperti ini sudah banyak dan lebih populer seperti pulau lengkuas Belitung dan wisata Labuan Bajo Flores. Namun wisata Ponggok memiliki keunikan jika dibandingkan wisata di tempat lain, yakni lokasi-nya berada di perairan darat alias memanfaatkan sumber mata air, hal itu jauh lebih aman jika dibandingkan wisata snorkling berada di perairan laut lepas yang memiliki resiko besar terseret ombak hingga ke lautan lepas atau bahkan terbawa oleh pusaran laut.

Selain dikembangkan untuk daerah wisata, sumber air yang melimpah dimanfaatkan oleh warga Desa Ponggok untuk membudidayakan ikan, terutama ikan nila. Desa Ponggok memiliki lahan potensial seluas 8.0 ha dan lahan yang digunakan untuk usaha di sektor perikanan seluas 5 ha dengan penghasilan produksi 0.57 ton perhari. Selain budidaya ikan Nila di Desa Ponggok juga terdapat budidaya udang galah, dimana budidaya ini dapat menghasilkan 1 kuintal perbulan. Selain udang galah dan nila, warga desa juga mulai mengembangkan budidaya ikan koi sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan.

Baca Juga  Perempuan Desa Cluntang, Boyolali, Olah Mawar Jadi Makanan

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *