Pesona Taman Nasional Lorentz di Papua

 Pesona Taman Nasional Lorentz di Papua

Kitapastibisa.id – Pesona Taman Nasional Lorentz di Papua – akurat.co

Taman Nasional Lorentz adalah Taman Nasional yang ada di provinsi Papua,. Taman Nasional ini pertama kali berdiri pada 1997 yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Taman Nasional Lorents yang memiliki hari jadi setiap tanggal 4 Desember ini memiliki nama yang diambil dari nama penjelajah Belanda yang melakukan ekspedisi di sana pada sekitar tahun 1901.

Taman Nasional Lorentz merupakan area dilindungi yang paling luas di Asia Tenggara, dengan Luas mencapai 24.864 kilometer. Pada wilayah itu, diperkirakan ada banyak spesies tanaman dan hewan yang belum diketahui oleh ilmu pengetahuan. Selain itu, juga merupakan wilayah yang dilindungi oleh World Wildlife Foundation (WWF) dan UNESCO. Tahun 1999, UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia, yaitu area yang memiliki budaya, sejarah, ilmiah, dan area ini dianggap penting untuk manusia.

Di area yang luasnya hampir 2,5 juta hektar itu, terdapat Ekosistem yang Bermacam-Macam Jenisnya. Oleh karenanya Taman ini menjadi salah satu Taman nasional yang paling beragam secara ekologis di dunia. Hal ini disebabkan karena kawasan ini memiliki berbagai ekosistem yang lengkap. Terdapat laut, hutan bakau, hutan rawa pasang surut dan air tawar, hutan hujan dataran rendah dan pegunungan, tundra, sampai gletser khatulistiwa. Wilayah ini merupakan satu di antara tiga wilayah di dunia yang merupakan tempat tropis namun memiliki gletser. Puncak tertinggi di Indonesia juga ada disini, yaitu Puncak Jaya yang juga dikenal dengan Piramida Cartensz.

Baca Juga  Kopi Terbaik Produk Asli Indonesia

Baca Juga: Cara Memasak Unik Khas Tanah Papua

Memiliki Keberagaman Ekosistem

Pesona Taman Nasional Lorentz di Papua
Pesona Taman Nasional Lorentz di Papua – Reddoorz

Dengan ekosistem yang begitu banyak macamnya, Taman Nasional Lorentz juga kaya akan ragam Flora dan Fauna. Sebab Taman Nasional ini menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna. Wilayah itu memiliki tingkat flora dan fauna asli yang tinggi dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi juga. Di sana terdapat lebih dari 34 jenis tumbuhan dan 29 sistem pertanahan, 123 spesies mamalia, 45 burung. Kita bisa menemukan echidna, kanguru pohon, burung cendrawasih, dan banyak satwa unik lainnya. Di Taman Nasional Lorentz juga ada situs fosil untuk mencari peninggalan alam masa lalu. Bahkah karena lokasinya yang sangat luas, ada banyak daerah yang belum dipetakan dan belum dijelajahi.

Taman Nasional Lorents tidak hanya menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan, tapi juga merupakan tanah tradisional dari beberapa kelompok etnis Papua, yaitu suku Amungme (Damal), Dani Barat, Dani Lembah Baliem, Moni, dan Nduga yang tinggal di dataran tinggi serta suku Asmat, Kamoro, dan Sempan yang tinggal di dataran rendah.

Baca Juga  Malam Satu Suro, Tradisi Pensucian Diri

Sayangnya, Taman Nasional Lorentz masih terancam oleh penebangan liar dan perburuan ilegal. Maka marilah, kita sama-sama bersinergi menjaga kekayaan alam dengan terus mendukung program pemerintah daerah serta meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga kelestarian alam Papua.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *