Pertunjukan Boneka Papermoon Puppets Theatre

 Pertunjukan Boneka Papermoon Puppets Theatre

Kitapastibisa.id – Pertunjukkan Boneka Bersama Papermoon Puppets Theatre – Republika

Pertunjukan Boneka Bersama Papermoon Puppets Theatre – Dunia pertunjukan dan dunia boneka mungkin bagi sebagian kita adalah dua himpunan yang terpisah dan jikalaupun ada kesamaannya sangatlah tipis. Namun, di tangan seorang Maria Tri Sulistyani, atau yang kemudian lebih akrab disapa Ria, perpaduan keduanya adalah sebuah dunia yang memanggil hidupnya. Ia memilih menggunakan boneka karena kenangan masa kecil menyoal boneka sangat lekat dengannya. Pun, Boneka adalah alat permainan purba yang diciptakan dalam peradaban manusia.

Berawal dari kegiatannya melakukan pementasan teater boneka pada tahun 2006, teater boneka kemudian menjadi medium yang dipilih lebih karena kecintaannya pada seni rupa dan seni pertunjukan. Ia memilih tempat-tempat tak biasa untuk bisa melakukan pertunjukan tersebut seperti di sebuah halaman rumah indekos, di pasar, di stasiun, maupun di lapangan yang bisa menjangkau ia bertemu dengan anak-anak untuk mempertontonkan teater bonekanya.

Baca Juga: Manfaat Penggunaan Toner Untuk Kulit Wajah

Dimulai menggunakan barang dan alat-alat sederhana

Pertunjukkan Boneka Bersama Papermoon Puppets Theatre
Kitapastibisa.id – Pertunjukkan Boneka Bersama Papermoon Puppets Theatre – Papermoon

Pementasan ini pun dimulai dengan menggunakan barang dan alat-alat sederhana. Boneka tangan yang dijahit dari bahan-bahan perca bekas, lalu ditampilkan dibelakang selimut yang dibentang. Mereka tekun sekali menyapa anak-anak. Memulainya dari satu desa ke desa lain selama satu tahun pertama, kemudian membuat pertunjukan pasca gempa dengan maksud menemani, menghibur, dan berbagi bersama anak-anak tersebut.

Baca Juga  Prayogo Pangestu Quddus, Pencetus Ramen Instan Ala Garut

Ria, Iwan, dan tim Papermoon Puppet Theater lainnya membuat dan menampilkan pertunjukan boneka. Setiap pertunjukan memiliki boneka khusus tersendiri dan tidak digunakan untuk cerita pada pementasan lainnya.

Tema-tema dalam pertunjukan yang diangkat oleh Papermoon Puppet Theater juga sangat banyak menceritakan mengenai kemanusiaan, sosial, lingkungan, dan juga sejarah. Cerita yang disampaikan juga sangat unik, bermula dengan percakapan yang sangat minim. Saat ini pertunjukkan mereka tanpa disertai dialog seperti pada umumnya pertunjukan boneka, melainkan melalui gestur tubuh para boneka. Yang mana digerakan berpadukan permainan cahaya dan musik pengiring yang memperkuat pertunjukkan mereka.

Pementasan boneka Papermoon Puppet Theatre sudah sangat sering melakukan pentas keliling. Berbagai kota di Indonesia dan berbagai negara seperti Jepang, Belanda, Australia, hingga Amerika Serikat. Beragam penghargaan internasional pun pernah diraih oleh kelompok teater boneka ini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *